Sosialisasi Pemanfaatan Unique Selling Proposition Pada Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12862Abstract
Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. (Zimmerer, 2008). Saat ini persaingan di dunia usaha dalam menjual produk dan jasa sudah demikian kompleks, sehingga perlu kiat terobosan agar memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Unique selling proposition diperlukan sebagai pengetahuan dan kiat bagi setiap wirausaha agar dapat memiliki keunggulan bersaing, karena dengan Unique selling proposition akan menunjang kesuksesan dalam menjual produk dan jasa. Berdasarkan pengamatan pada pelaku usaha ibu rumah tangga berskala mikro-kecil di Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang, kinerja penjualan belum optimal, hal ini berkaitan dengan keterbatasan pengetahuan tentang kiat memenangkan persaingan. Dengan kegiatan sosialisasi pemanfaatan unique selling proposition mereka menjadi tahu bagaimana cara dan pentingnya memiliki kiat spesifik dalam rangka memiliki keunggulan bersaing, sehingga akhirnya mampu memasarkan produk/jasa dengan spesifikasi dan standart sesuai kebutuhan konsumen
Kata kunci : sosialisasi, unique selling proposition, usaha mikro-kecil
Keywords:
sosialisasi, unique selling proposition, usaha mikro-kecilDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nunik Kusnilawati, Anandha, Nining Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work