PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN LIVE EDUCATION DEVELOPMENT PROGRAM (LEDP) BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12853Abstract
Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar di Indonesia masih belum optimal, lebih banyak bersifat teoritis dan kurang relevan dengan kehidupan nyata siswa. Hal ini mencerminkan perlunya reformasi sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat diterapkan adalah Live Education Development Program (LEDP), yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis kehidupan nyata ke dalam proses pendidikan. Melalui LEDP, siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan praktis, seperti memasak, melaksanakan ibadah (contohnya sholat berjamaah), menyambut tamu, membuang sampah pada tempatnya, dan keterampilan hidup lainnya. Pendekatan ini memberikan dampak positif dengan meningkatkan keterlibatan siswa, mengajarkan nilai-nilai moral dan etika, serta membekali mereka dengan keterampilan hidup yang relevan. LEDP terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan kehidupan bermasyarakat secara mandiri dan tangguh
Keywords:
Pendidikan karakter, Sekolah Dasar, Live Education Development Program (LEDP), keterampilan hidupDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bambang Edi Siswanto, Nurul Istiqfaroh, Maryam Isnaini Damayanti, Asri Susetyo Rukmi, Roni Rodiyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work