PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN LIVE EDUCATION DEVELOPMENT PROGRAM (LEDP) BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bambang Edi Siswanto Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiqfaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi Universitas Negeri Surabaya
  • Roni Rodiyana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12853

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar di Indonesia masih belum optimal, lebih banyak bersifat teoritis dan kurang relevan dengan kehidupan nyata siswa. Hal ini mencerminkan perlunya reformasi sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat diterapkan adalah Live Education Development Program (LEDP), yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis kehidupan nyata ke dalam proses pendidikan. Melalui LEDP, siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan praktis, seperti memasak, melaksanakan ibadah (contohnya sholat berjamaah), menyambut tamu, membuang sampah pada tempatnya, dan keterampilan hidup lainnya. Pendekatan ini memberikan dampak positif dengan meningkatkan keterlibatan siswa, mengajarkan nilai-nilai moral dan etika, serta membekali mereka dengan keterampilan hidup yang relevan. LEDP terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan kehidupan bermasyarakat secara mandiri dan tangguh

Keywords:

Pendidikan karakter, Sekolah Dasar, Live Education Development Program (LEDP), keterampilan hidup

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 25
Downloads Count: 23

Published

2025-04-16

How to Cite

Siswanto, B. E., Istiqfaroh, N., Isnaini Damayanti, M., Susetyo Rukmi, A., & Rodiyana, R. (2025). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN LIVE EDUCATION DEVELOPMENT PROGRAM (LEDP) BAGI GURU SEKOLAH DASAR. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1238–1245. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12853

Issue

Section

Articles