Peningkatan Literasi Laut Anak-anak SDN Labuhan Terata Berbasis Sekolah Konservasi

Authors

  • Husnul Hatimah Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Samawa
  • Neri Kautsari Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Yudi Ahdiansyah Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Samawa
  • Dwi Mardhia Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Syamsul Bahri Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12812

Abstract

Menanamkan kesadaran dan kepedulian lingkungan pada masyarakat sejak dini sangatlah penting, salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui pendidikan konservasi. Meningkatnya kerusakan ekosistem pesisir dan laut menjadi isu penting di pesisir Labuhan Terata. Meskipun terdapat berbagai upaya dalam pengelolaan pesisir, minimnya kesadaran masyarakat akan konservasi laut masih sangat terbatas, hal ini terlihat sebagian masyarakat masih melakukan destructive fishing, yang dapat merusak habitat penting bagi banyak spesies laut dan menggangu regerenasi dan rantai makanan dalam ekosistem. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, dengan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konservasi laut dikalangan anak-anak. Kegiatan dilakukan tepatnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Labuhan Terata, Desa Labuhan Kuris, Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Khalayak sasaran dari kegiatan ini ialah siswa sekolah dasar kelas 4 hingga 6. Kegiatan berlangsung dalam beberapa tahapan, diawali dengan koordinasi dengan pemerintah desa, pihak sekolah, evalusi awal menegenai tingkat pemahaman anak-anak tentang laut, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi akhir tingkat pemahaman anak-anak di akhir kegiatan. Untuk menilai pemahaman anak-anak dilakukan dengan metode pre-test dan post-test, serta sesi tanya jawab dan diskusi kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan nyata pada pengetahuan anak-anak tentang konservasi laut, yang tercermin dari peningkatan nilai pos-test

Keywords:

Anak-anak, Pendidikan konservasi laut

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 4

Published

2025-04-23

How to Cite

Hatimah, H., Kautsari, N., Ahdiansyah, Y., Mardhia, D., & Bahri, S. (2025). Peningkatan Literasi Laut Anak-anak SDN Labuhan Terata Berbasis Sekolah Konservasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1412–1420. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12812

Issue

Section

Articles