Membangun Jiwa Wirausaha Pelajar: Pendampingan Penyusunan Business Plan Berbasis Business Model Canvas dan SWOT Matrix
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12795Abstract
Kemampuan menyusun business plan yang sistematis menjadi keterampilan penting bagi siswa dalam menghadapi tantangan kewirausahaan dan kompetisi. Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) melaksanakan program pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Bantul, Yogyakarta, dengan tema “Transformasi Ide Menjadi Peluang: Pendampingan dan Pelatihan Business Plan dengan Metode Analisis Bisnis Lainnya bagi Pelajar SMAN 1 Bantul, Yogyakarta.” Program ini dirancang untuk mempersiapkan siswa menghadapi Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2025 serta memberikan bekal untuk mengaplikasikan konsep kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi, yaitu teori dan praktik. Sesi teori memberikan materi tentang Business Model Canvas (BMC), serta analisis SWOT. Sesi praktik melibatkan penyusunan business plan secara langsung, mulai dari penggalian ide hingga presentasi, dengan bimbingan intensif dari tim FBE UAJY. Selain meningkatkan pemahaman siswa, kegiatan ini mengasah kreativitas, kemampuan analitis, dan kerja tim. Program ini memberikan manfaat signifikan bagi siswa dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi dan menumbuhkan jiwa wirausaha. Melalui program ini, FBE UAJY berkontribusi dalam menciptakan generasi muda yang kompeten dan meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan di lingkungan masyarakat
Keywords:
SWOT, kewirausahaan, inovasi, BMC, PelajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elizabeth Fiesta Clara Shinta Budiyono, Mario Rosario Wisnu Aji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work