Workshop Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Membaca Berbasis HOTS pada Guru SMA

Authors

  • Yeni Rostikawati IKIP Siliwangi
  • Diena San Fauziya IKIP Siliwangi
  • Ai Mulyati SMAN 2 Padalarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12513

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA dalam menyusun instrumen asesmen literasi membaca berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para guru mengenai konsep HOTS serta penerapannya dalam pembuatan soal yang mampu mengukur kemampuan berpikir kritis, analitis, dan evaluatif siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dalam bentuk workshop yang interaktif, peserta dilibatkan dalam diskusi dan praktik penyusunan instrumen asesmen. Pengambilan data dalam kegiatan ini dilakukan melalui angket yang diberikan kepada para peserta untuk respon mereka setelah mengikuti workshop. Data dari angket kemudian diolah secara deskriptif untuk menggambarkan hasil pelaksanaan workshop ini. Hasil menunjukkan bahwa 100% peserta workshop mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang asesmen literasi membaca berbasis HOTS. Hal tersebut diharapkan dapat terciptanya guru-guru yang lebih terampil dalam merancang asesmen literasi membaca yang menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan hasil belajar siswa dalam aspek literasi, khususnya membaca

Keywords:

workshop instrumen asesmen, literasi membaca, HOTS, guru SMA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1
Downloads Count: 0

Published

2025-04-23

How to Cite

Rostikawati, Y., San Fauziya, D., & Mulyati, A. (2025). Workshop Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Membaca Berbasis HOTS pada Guru SMA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1392–1400. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12513

Issue

Section

Articles