Workshop Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Membaca Berbasis HOTS pada Guru SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12513Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA dalam menyusun instrumen asesmen literasi membaca berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para guru mengenai konsep HOTS serta penerapannya dalam pembuatan soal yang mampu mengukur kemampuan berpikir kritis, analitis, dan evaluatif siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dalam bentuk workshop yang interaktif, peserta dilibatkan dalam diskusi dan praktik penyusunan instrumen asesmen. Pengambilan data dalam kegiatan ini dilakukan melalui angket yang diberikan kepada para peserta untuk respon mereka setelah mengikuti workshop. Data dari angket kemudian diolah secara deskriptif untuk menggambarkan hasil pelaksanaan workshop ini. Hasil menunjukkan bahwa 100% peserta workshop mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang asesmen literasi membaca berbasis HOTS. Hal tersebut diharapkan dapat terciptanya guru-guru yang lebih terampil dalam merancang asesmen literasi membaca yang menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan hasil belajar siswa dalam aspek literasi, khususnya membaca
Keywords:
workshop instrumen asesmen, literasi membaca, HOTS, guru SMADownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeni Rostikawati, Diena San Fauziya, Ai Mulyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work