PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI MICROSOFT OFFICE EXCEL UNTUK SISWA DAN SISWI SMKN 3 SUKTANI PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12480Abstrak
Sekolah Mengenah Ketujuan (SMK) merupakan salah satu pendidikan vokasi yang dapat perhatian dari pemerintah yang bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang kompeten yang dapat memenuhi kebutuhan industri, dengan pelatihan Microsoft Excel dapat membantu dalam peningkatan keterampilan dalam berhitung dan memecahkan masalah dalam pengolahan data, serta meningkatkan kreativitas Keterampilan yang dapat meningkatkan mutu dalam lulusan sehingga dapat terserap oleh dunia industry. Kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan pemahaman tentang penggunaan Microsoft Excel untuk meningkatkan keterampilan dasar komputer bagi sisawa dan siswi jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 3 Sukatani Kabupaten Purwakarta meliputi Workspace Excel, Formula dan Fungsi, Fungsi Aritmatika, Fungsi Text Formula, Fungsi Statistical, Fungsi Logika, Fungsi Hlookup, Fungsi Vlookup dan Fungsi Chart. Hasil evaluasi pelatihan dilakukan melalui kuisioner, jumlah partisipasi yang mengisi kuisioner berjumlah 24 orang Dimana hasil penilian tema pelatihan sangat memuaskan dengan persetasi 66.7%, Penyampaian materi dari narasumber 38.1%, kemudahan dalam pemahaman materi yang disampaikan 42.9%, kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta 47.6%, bermanfaat bagi anda dan sebagai perserta pelatihan 76.2%, keseluruhan acara pelatihan 42.9%.
Kata Kunci:
Microsoft Excel, Vokasi, Pelatihan, SiswaUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Halimil Fathi, Muhammad Nugraha, Musawarman, Ricak Agus Setiawan, Heti Mulyani, Widya Andayani Rahayu, Rafly Anugerah, Ilman Fadhilah Ahmad

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work