Pengembangan Program Promosi, Inovasi Produk dan Desain Kemasan di Ampyang Ibu Suharti Mal Myl
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12349Abstract
UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pertumbuhan perekonomian nasional. Jumlah UMKM di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Nuts Industry merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang pengolahan makanan dengan merek dagang Ampyang Ibu Suharti Mal Myl. UMKM ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat namun masih mengalami sejumlah kendala dalam operasional usahanya, khususnya pada bidang pemasaran. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM Ampyang Ibu Saharti Mal Myl, program yang dilaksanakan meliputi pelatihan pembuatan konten promosi digital, pengembangan inovasi produk berupa hampers dan katalog, serta perancangan desain kemasan yang lebih menarik dan informatif. Selain itu, program loyalitas pelanggan juga diterapkan melalui penyediaan kartu anggota untuk meningkatkan retensi pelanggan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas promosi online di berbagai platform digital, inovasi produk yang dapat menarik minat konsumen, serta kemasan produk yang lebih estetis. Program loyalitas yang menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan usaha UMKM, serta memberikan wawasan dan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam mengatasi tantangan dunia usaha. Disarankan agar UMKM melanjutkan dan mengevaluasi program ini secara berkala agar hasilnya berkelanjutan dan memperluas jaringan pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas
Keywords:
Promosi online, Inovasi produk, Desain kemasan, Loyalitas pelangganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nesti Pratiwi, Audita Nuvriasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work