Pelatihan Pengolahan Data Berbasis Microsoft Excel Bagi Guru SMP Kota Kendari
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12200Abstract
Mengolah data hasil belajar siswa secara baik dan akurat sangat penting bagi guru dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMP kota Kendari dalam menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data hasil belajar siswa dengan menggunakan statistik dasar. Materi pelatihan meliputi penggunaan Excel dalam penginputan data, penyajian data, pengolahan data dengan statistik dasar termasuk menginterpretasikan hasil pengolahan data. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan baik kemampuan maupun keterampilan peserta. Pengetahuan. Sebelum pelatihan sebanyak 25% peserta yang masih sangat kurang pemahamannya terhadap statistik dasar (rata-rata, median, modus, kuartil, dan standar deviasi) dan sebanyak 30% yang sudah sangat paham. Setelah pelatihan pemahaman peserta meningkat menjadi 25% kategori cukup paham dan 75% sangat paham. Demikian juga keterampilan dalam mengolah data dengan menggunakan excel mengalami peningkatan. Sebelum pelatihan dilakukan terdapat sekitar 50% peserta yang kategori belum atau tidak mampu menggunakan excel dalam mengolah data dan sekitar 25% yang masuk kategori mampu. Setelah pelatihan diberikan yang kategori mampu mengolah data dengan excel meningkat menjadi 60% dan kategori cukup mampu menjadi 30% sedangkan kelompok tidak mampu tinggal sekitar 10%
Keywords:
Pelatihan, Pemahaman dan Keterampilan, Pengolahan Data, Microsoft ExcelDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asrul Sani, La Pimpi, Aswani, Alfian, Sahur Saeruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work