Pelatihan Pengolahan Data Berbasis Microsoft Excel Bagi Guru SMP Kota Kendari

Authors

  • Asrul Sani Universitas Halu Oleo
  • La Pimpi
  • Aswani
  • Alfian
  • Sahur Saeruddin

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12200

Abstract

Mengolah data hasil belajar siswa secara baik dan akurat sangat penting bagi guru dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMP kota Kendari dalam menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data hasil belajar siswa dengan menggunakan statistik dasar. Materi pelatihan meliputi penggunaan Excel dalam penginputan data, penyajian data, pengolahan data dengan statistik dasar termasuk menginterpretasikan hasil pengolahan data. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan baik kemampuan maupun keterampilan peserta. Pengetahuan. Sebelum pelatihan sebanyak 25% peserta yang masih sangat kurang pemahamannya terhadap statistik dasar (rata-rata, median, modus, kuartil, dan standar deviasi) dan sebanyak 30% yang sudah sangat paham. Setelah pelatihan pemahaman peserta meningkat menjadi 25% kategori cukup paham dan 75% sangat paham. Demikian juga keterampilan dalam mengolah data dengan menggunakan excel mengalami peningkatan. Sebelum pelatihan dilakukan terdapat sekitar 50% peserta yang kategori belum atau tidak mampu menggunakan excel dalam mengolah data dan sekitar 25% yang masuk kategori mampu. Setelah pelatihan diberikan yang kategori mampu mengolah data dengan excel meningkat menjadi 60% dan kategori cukup mampu menjadi 30% sedangkan kelompok tidak mampu tinggal sekitar 10%

Keywords:

Pelatihan, Pemahaman dan Keterampilan, Pengolahan Data, Microsoft Excel

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1
Downloads Count: 3

Published

2025-04-23

How to Cite

Sani, A., La Pimpi, Aswani, Alfian, & Saeruddin, S. (2025). Pelatihan Pengolahan Data Berbasis Microsoft Excel Bagi Guru SMP Kota Kendari. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1371–1378. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12200

Issue

Section

Articles