Pelatihan Mendesain Poster Yang Menarik Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelajar MTS Al-Hikmah Tangkil Kulon
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12181Abstract
Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan telah menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk dalam mendesain media pembelajaran seperti poster. Aplikasi Canva, sebuah platform desain grafis berbasis online, menawarkan kemudahan bagi penggunanya, termasuk pelajar, untuk menciptakan desain yang menarik dan fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa MTS Al-Hikmah Tangkil Kulon dalam menggunakan Canva sebagai alat bantu mendesain poster melalui pelatihan. Metode pelatihan meliputi presentasi materi, praktik langsung, dan memaparkan hasil desain. Pelatihan diikuti oleh 27 siswa kelas 8, yang diawali dengan pre-test untuk mengukur kemampuan awal mereka. Siswa diberikan pengenalan fitur-fitur Canva, prinsip dasar desain grafis, dan arahan praktis. Setelah itu, mereka diminta mendesain poster berdasarkan tema yang telah ditentukan, disusul dengan presentasi hasil karya. Evaluasi dilakukan melalui post-test untuk menilai peningkatan kemampuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan fitur Canva, seperti memilih template, menambahkan teks, memasukkan foto, hingga mengunduh desain. Kerja kelompok terbukti meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam menggunakan Canva serta mendorong mereka untuk lebih percaya diri dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.
Keywords:
Pemanfaatan Teknologi, Pendidikan, Canva, Poster, DesainDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Lestari, Nadisa Apriani, Adinda Destiani Habibah, Imam Prayogo Pujiono, Ahmad Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work