PELATIHAN BAHASA INGGRIS DASAR KEPADA IBU-IBU USIA PRODUKTIF UNTUK MEMBANTU MENDAMPINGI ANAK DALAM PEBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI DESA SUKAMENAK KECAMATAN BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1140Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya model pembelajaran daring. untuk pelajaran bahasa Inggris, di mana sebagai bahasa asing konsep dan kosa katanya sama sekali asing bagi siswa, maka mereka cukup merasa sulit untuk memahaminya dari hanya sekedar penjelasan tertulis. Peran orang tua terutama ibu sebagai tempat bertanya menjadi sangat penting. Sayangnya, tak semua ibu-ibu mempunyai pengetahuan yang cukup tentang bahasa inggris sehingga anak tidak mendapat penjelasan yang memadai tentang ini. hal tersebut tentu cukup menjadi hambatan dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Program PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bahasa inggris dasar kepada ibu-ibu muda usia produktif agar mereak emmiliki pengetahuan yang cukup tentang bahasa inggris dasar sehingga bisa mendampingi anak-anaknya belajar daring. Metode pelaksanaan program ini menggunakan pendekatan diskusi dan training/secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan. Di akhir program ibu-ibu muda usia produktif bertambah pengetahuannya tentanng bahasa inggris dasar dan mampu mendampingi putra-putrinya dalam proses kegiatan belajar daring di masa pandemi ini.
Keywords:
Pandemi, daring, bahasa inggris dasarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work