Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11348Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran berdiferensiasi guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Lokasi pelaksanaan program pengabdian berada di Kota Surakarta. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu telah terlaksana pelatihan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru SMK MPLB Kota Surakarta. Setelah menjalani pelatihan pembelajaran berdiferensiasi, pemahaman peserta mengenai pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan dibuktikan dengan hasil pretes maupun posttest yang meningkat. Peserta juga telah memiliki pengalaman dalam mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi sehingga nantinya dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah masing – masing. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini telah berhasil mencapai tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
Keywords:
pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, pembelajaran berdiferensiasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Murwaningsih, Tutik Susilowati, Nur Rahmi Akbarini, Hery Sawiji, Subroto Rapih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work