INOVASI COKLAT TEMPE DAN STRATEGI PEMASARAN PADA HOME INDUSTRI TEMPE DI DESA SEPANDE KABUPATEN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11265Abstract
Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini ditujukan kepada usaha home industri tempe di Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pemberdayaan ini dilakukan dengan berfokus pada peningkatan nilai ekonomi melalui inovasi olahan tempe dan melakukan strategi pemasaran dengan redesain kemasan dan iklan pada media sosial. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan ABCD yang merupakan upaya membangun transformasi sosial yang digerakkan secara bersama-sama demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro tempe home industri Desa Sepande dari segi inovasi pengembangan produk, segi kemasan dan strategi pemasaran produk tempe. Inovasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang berbeda dari produks tempe lainnya dan meningkatkan nilai ekonomi tempe melalui produk olahan tempe. Pemberian label kemasan memunculkan branding dan ciri khas produk tempe home industri dari Desa Sepande. Pemasaran melalui media sosial diharapkan akan membuka kesempatan baru untuk memperluas jangkauan konsumen. Secara instan, telah muncul dampak dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dlilhat dari peningkatan kapasitas dari pengrajin tempe dalam pengembangan produk dan kemasan serta munculnya konsumen baru dari iklan di media sosial.
Keywords:
Tempe, ABCD, Coklat Tempe, Strategi PemasaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdurrahman Halim, Dhimas Purnomo Aji Firdaus, Aiga Nimang Valmai Jannah, Anggi Safira Samsi, Arni Nurfitria Ningmas, Dita Aulia Pratiwi, Noor Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work