Peningkatan Keterampilan Digital Melalui Pelatihan Dasar Desain User Interface di SMAN 1 Baturiti
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11010Abstract
Kegiatan Peningkatan Keterampilan Digital Melalui Pelatihan Dasar Desain User Interface di SMAN 1 Baturiti bertujuan untuk mengenalkan siswa kelas 12 pada keterampilan desain antarmuka pengguna (UI) menggunakan aplikasi Figma. Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat oleh Primakara University untuk memberikan dasar-dasar desain UI yang dapat menjadi bekal siswa dalam menghadapi dunia digital. Kegiatan ini berlangsung dari pengenalan UI, praktik langsung menggunakan Figma, hingga kompetisi desain untuk meningkatkan motivasi siswa. Dalam sesi pelatihan, siswa diajarkan membuat wireframe, tata letak antarmuka, dan prototipe sederhana, sambil mendapatkan wawasan tentang karier UI/UX. Dengan 40 peserta dari SMAN 1 Baturiti, pelatihan ini diharapkan meningkatkan keterampilan digital dan membuka peluang baru bagi siswa dalam sektor teknologi kreatif. Program ini akan berkelanjutan setiap tahun, memperkuat kerja sama antara Primakara University dan sekolah-sekolah di Bali untuk mendukung literasi digital dan keterampilan kreatif siswa.
Keywords:
UI Design, Figma, SMAN 1 BaturitiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. A. Istri Ita Paramitha, I Gst. Agung Pramesti Dwi Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work