Pencegahan Bullying melalui Implementasi Bhineka Tunggal Ika di SB At Tanzil Ampang Slangor Malaysia

Authors

  • Nur'anisah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Hana Astria Nur STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Hadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Tio Heriyana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nanan Abdul Manan STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10638

Abstract

Pada dasarnya setiap manusia memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda, maka dari itu pentingnya pendidikan karakter di sekolah merupakan salah satu cara dalam menanamkan budi pekerti dan rasa nasionalisme dalam pencegahan bullying di SB At-Tanzil Ampang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk pencegahan bullying di lingkungan sekolah melalui sosialisasi interaktif dengan para siswa, yang dimana para siswa bisa bertanya atau mungkin menceritakan tindak bullying yang pernah dialaminya. Proses kegiatan ini dimulai dari perencanaan dengan melakukan perizinan terhadap pihak sekolah. Dilanjut dengan pelaksanaan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Desember 2023, dan diakhiri dengan hasil laporan kegiatan. Hasil dari adanya kegiatan ini para siswa menjadi lebih menghargai antar perbedaan suku, ras, bahasa dan warna kulit yang ada disekitar mereka, para siswa menjadi lebih berani dalam menyuarakan tindak bullying yang dialami atau bahkan yang terjadi disekitarnya

Keywords:

pencegahan bullying, Pendidikan Karakter, Budi Pekerti

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-11-28

How to Cite

Nur’anisah, N., Nur, H. A., Hadiana, O., Heriyana, T., & Manan, N. A. (2024). Pencegahan Bullying melalui Implementasi Bhineka Tunggal Ika di SB At Tanzil Ampang Slangor Malaysia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2709–2713. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10638

Issue

Section

Articles