Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SMA Kelas X dengan Penerapan Pendekatan Task Based Language Teaching (TBLT)

Authors

  • Risna Saswati Universitas LIA, Jakarta
  • Syaadiah Arifin Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10482

Abstract

Pelatihan ini yang menerapkan metode Task Based Language Teaching (TBLT) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA kelas X. Kegiatan dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom dan WAG. Kegiatan dibagi dalam beberapa sesi, yaitu pemaparan materi sebagai kegiatan awal (pre-task), kegiatan inti (negotiated meaning) dan kegiatan komunikatif (communication strategies). Dalam implementasinya, siswa dapat melakukan kegiatan wawancara ke public figure yang telah siswa pilih, mengkontruksi langkah-langkah wawancara sesuai dengan kegiatan yang telah dipelajari, membuat daftar informasi tentang public figure, membuat pertanyaan dalam bentuk pertanyaan Y/N Questions dan WH-Questions, memilih tipe pertanyaan dan membuat tanggapan atau respon dari jawaban pertanyaan. Siswa dapat menyelesaikan kegiatan awal, tengah dan akhir dengan menggunakan langkah-langkah berdasarkan pendekatan TBLT dengan baik. Siswa dapat menggunakan kesempatan untuk melatih keterampilan berbicaranya. Beberapa hal yang harus diperbaiki meliputi tata bahasa dan pelafalan serta melatih untuk berbicara secara natural. Kegiatan ini diakhiri dengan mengunggah kegiatan bertukar peran dalam kanal you tube

Keywords:

Task Based Language Teaching, Berbicara, Wawancara, You tube

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 288
Downloads Count: 37

Published

2024-12-20

How to Cite

Saswati, R., & Arifin, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SMA Kelas X dengan Penerapan Pendekatan Task Based Language Teaching (TBLT). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2743–2750. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10482

Issue

Section

Articles