Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SMA Kelas X dengan Penerapan Pendekatan Task Based Language Teaching (TBLT)
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10482Abstract
Pelatihan ini yang menerapkan metode Task Based Language Teaching (TBLT) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA kelas X. Kegiatan dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom dan WAG. Kegiatan dibagi dalam beberapa sesi, yaitu pemaparan materi sebagai kegiatan awal (pre-task), kegiatan inti (negotiated meaning) dan kegiatan komunikatif (communication strategies). Dalam implementasinya, siswa dapat melakukan kegiatan wawancara ke public figure yang telah siswa pilih, mengkontruksi langkah-langkah wawancara sesuai dengan kegiatan yang telah dipelajari, membuat daftar informasi tentang public figure, membuat pertanyaan dalam bentuk pertanyaan Y/N Questions dan WH-Questions, memilih tipe pertanyaan dan membuat tanggapan atau respon dari jawaban pertanyaan. Siswa dapat menyelesaikan kegiatan awal, tengah dan akhir dengan menggunakan langkah-langkah berdasarkan pendekatan TBLT dengan baik. Siswa dapat menggunakan kesempatan untuk melatih keterampilan berbicaranya. Beberapa hal yang harus diperbaiki meliputi tata bahasa dan pelafalan serta melatih untuk berbicara secara natural. Kegiatan ini diakhiri dengan mengunggah kegiatan bertukar peran dalam kanal you tube
Keywords:
Task Based Language Teaching, Berbicara, Wawancara, You tubeDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risna Saswati, Syaadiah Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work