Peningkatan Antusias Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Think Qur’an di Ponpes Ibnu Siena Nusantara Ciamis

Authors

  • Machmud Yunus STAI Al Ma'arif
  • Eulis Sri Rosyidatul B STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Ridha Syahida STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Deni Supriyadi STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Sri Wulan STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Asep Saprudin STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Nina Siti Kurniati STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Risa Rahmawati STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Didin Solehudin STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • Balqis A Difinubun STAI Al-Ma'arif Ciamis
  • R. Sibyan Arsil N. STAI Al-Ma'arif Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10436

Abstract

Penggunaan teknologi pendidikan menjadi permasalahan umum yang dihadapi guru dan siswa didik, salah satunya di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren. Faktor penyebab kurang berkembangnya penggunaan teknologi pendidikan salah satunya adalah cara pandang lembaga pendidikan yang hanya berfokus terhadap kurikulum pendidikan Agama. Kurangnya sarana prasarana serta sumber daya manusia juga menjadi kendala dalam penggunaan teknologi. Sehingga perlu pelatihan dan peningkatan pengetahuan khususnya di lembaga pendidikan Islam berbasis Pondok Pesantren. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) Pentingnya menumbuhkan kesadaran Yayasan, Guru, dan Santri akan pentingnya penggunaan teknologi pendidikan 2) Bagaimana solusi cerdas mempelajari bahasa Arab dengan Tepat dan efisien di era revolusi Pendidikan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Menumbuhkan kesadaran Yayasan, Guru, dan santri akan pentingnya aplikasi Think Qur’an. 2) Memberikan keterampilan kepada guru dan santri untuk menggunakan teknologi Pendidikan aplikasi Think Qur’an. Penulis mencari informasi pustaka melalui membaca jurnal ilmiah, buku-buku referensi, karya ilmiah yang relevan dan berbagai hasil penelitian yang aktual. Dari hasil pengabdian Masyarakat ini dapat disimpulkan :1) Think Qur’an sangat efektif untuk dijadikan solusi dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) Think Qur’an merupakan salah upaya inovatif yang mempermudah siswa dan guru dalam mempelajari bahasa Arab. 3) Demonstrasi permainan dan kuis mempermudah guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi Think Qur’an.

Keywords:

Think Al-Quran, Pembelajaran Bahasa Arab, Penggunaan Tekhnologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 175
Downloads Count: 116

Published

2024-10-08

How to Cite

Yunus, M., Sri Rosyidatul B, E., Syahida, R., Supriyadi, D., Wulan, S., Saprudin, A., … Arsil N. , R. S. (2024). Peningkatan Antusias Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Think Qur’an di Ponpes Ibnu Siena Nusantara Ciamis. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2259–2265. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10436

Issue

Section

Articles