Pelatihan Penulisan Artikel sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru SMK Labschool Unesa 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10331Abstract
Menulis artikel ilmiah merupakan salah satu cara pengembangan profesi guru, oleh karena itu kemampuan menulis artikel sangat diperlukan bagi guru. Namun, kemampuan guru di SMK Labschool Unesa 1 Surabaya dalam menulis artikel masih sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diadakan pelatihan penulisan artikel yang bertujuan untuk memberikan pelatihan atau berbagi ilmu dalam menulis artikel yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Kegiatan pelatihan penulisan artikel dilaksanakan di SMK Labschool Unesa 1 Surabaya dan diikuti oleh 40 peserta. Kegiatan pelatihan penulisan artikel dibagi menjadi tiga sesi. Sesi satu yaitu menulis judul, baris, kepemilikan, abstrak, kata kunci, pendahuluan, pendekatan, dan metode yang baik. Sesi kedua yaitu pemaparan mengenai hasil pembahasan dan simpulan dan sesi ketiga mengenai etika publikasi. Ketiga materi disajikan dengan metode ceramah dan tanya jawab, dengan durasi masing-masing sesi 90 menit. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan penulisan artikel di SMK Labschool Unesa 1 Surabaya disimpulkan berhasil, ditunjukkan oleh hasil kuisioner dan hasil kuis peserta pelatihan. Dari hasil kuisioner diperoleh rata-rata skor aspek materi adalah 92,75%, aspek narasumber diperoleh rata-rata 93,75%, dan aspek suasana pelatihan diperoleh rata-rata 95,88%. Dari hasil kuis diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 86,25%.
Keywords:
Pelatihan, Artikel, Profesionalitas GuruDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rayinda Aseti Prafianti, Rahma Febriyanti, Nur Ilmayasinta, M Ulul Albab, Ifroha Anita Silvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work