Lokakarya Pembuatan Aplikasi Game Edukasi untuk Mengasah Kemampuan Numerik Peserta Didik Bagi Guru SDN 227 Margahayu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10295Abstract
Pembelajaran numerasi di tingkat sekolah dasar adalah dasar penting bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan matematika mereka. Dalam kurikulum pendidikan Indonesia, numerasi menjadi salah satu komponen utama dalam pembelajaran matematika. Namun, seringkali peserta didik mengalami kesulitan karena merasa bosan dan kurang berminat mengerjakan soal-soal yang terlihat rumit dan membingungkan. Media pembelajaran dalam bentuk aplikasi permainan edukasi cukup efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Selain menarik perhatian, permainan edukasi membuat peserta didik menjadi lebih semangat, mandiri, berfikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan persoalan. Untuk mewujudkan ketersediaan aplikasi permainan edukasi, dibutuhkan keterampilan guru-guru dalam membuat aplikasi permainan edukasi yang berkualitas. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan guru-guru dalam membuat aplikasi permainan edukasi. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan lokakarya Scratch sebagai alat bantu pembuatan aplikasi. Lokakarya dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil lokakarya. Berdasarkan hasil kuesioner kepuasan masyarakat, 95% dari 16 guru menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi guru. Sejalan dengan umpan balik positif yang diterima, disarankan untuk mengulang kegiatan serupa di masa depan dengan peningkatan kuota peserta. Diharapkan kegiatan tersebut akan memperluas dampak positif dari workshop dan mendukung usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran inovatif.
Keywords:
numerik, Scratch, permainan edukasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Widowati, Ati Suci Dian Martha, Mira Kania Sabariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work