Sosialisasi Penggunaan Mesin Bubut Tipe Konvensional pada Siswa SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan

Authors

  • Jhon Sufriadi Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tambos August Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia
  • Mardame Pangihutan Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10253

Abstract

Mesin bubut adalah salah satu jenis mesin perkakas yang digunakan untuk membentuk benda kerja dengan cara memutar benda kerja pada sumbu tertentu, sementara alat potong bergerak untuk menghilangkan material. Proses ini disebut dengan proses pembubutan, yang bertujuan menghasilkan benda kerja berbentuk silinder, tirus, ulir, atau bentuk lainnya. Sosialisasi penggunaan mesin bubut di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengoperasikan mesin perkakas ini secara efektif dan aman. Mesin bubut merupakan alat penting dalam dunia industri, sehingga penguasaan teknologi ini menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki siswa jurusan teknik pelayaran. Kegiatan sosialisasi meliputi penjelasan teori dasar mesin bubut, demonstrasi praktik pengoperasian, serta penerapan prosedur keselamatan kerja. Metode yang digunakan melibatkan sesi pelatihan interaktif, diskusi, dan praktik langsung di bengkel kerja. Hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami fungsi komponen mesin, proses pembubutan, serta kemampuan menghasilkan produk dengan presisi tinggi sesuai spesifikasi. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja dan mendukung pengembangan kompetensi kejuruan di SMK.

Keywords:

Mesin Bubut, Material, Efektif dan Aman, Produk

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 189
Downloads Count: 344

Published

2025-01-29

How to Cite

Purba, J. S., Sianturi, T. A., & Sinaga, M. P. (2025). Sosialisasi Penggunaan Mesin Bubut Tipe Konvensional pada Siswa SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 772–780. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10253

Issue

Section

Articles