Meningkatkan Hasil Belajar Hafalan Surat Pendek Peserta Didik Kelas VII Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe STAD

Penulis

  • Nurhayati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Octalia Monika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rosa Amelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M.Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9769

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar hafalan surat pendek siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif pada tipe pembelajaran MTSN 3 Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID di MTSN 3 Karawang. Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi terdiri dari setiap siklus. Tes singkat menghafal huruf digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah intervensi pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar hafalan surat pendek siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman, retensi, dan kecepatan menghafal surat-surat pendek. Selain itu, suasana pembelajaran yang kolaboratif dan interaktif juga berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan hasil belajar hafalan surat pendek siswa di MTSN 3 Karawang.

 

Kata Kunci:

STAD, hasil belajar, hafalan Al-Qur'an

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ANDEKAPUTRI, EMA. 2021. “Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Selfconfidance Dan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Aljabar Pada Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu Selata.” IAIN BENGKULU.

Burhanuddin, Sudirman. 2022. “Pendekatan Saitifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola.” ambura Journal of Sports Coaching 4.2: 88–102.

Dewi, Nuspita. 2022. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Problem Base Learning Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 3.2: 270–81.

Hanafie Das, St Wardah, and Abdul Halik. 2021. “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru.”

Harefa, D. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan.” Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,:: 1–18.

Lafifah, Lafifah, and Mokh YAHYA. 2023. “Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Pada Teks Biografi Siswa Kelas X Madrasah Aliah Negeri 2 Surakarta.” UIN Raden Mas Said Surakarta.

Machali. 2022. “Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.” ijar 1(2),: 181–204.

Pandiangan, Anjani Putri Belawati. 2019. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Sisw.

Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. 2021. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar Di Perbatasan Pada Era Digital.” Jurnal basicedu 5.5.

Ria, Sardiyanti. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Terbalik Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa: Penelitian Tindakan Kelas Di Mts Daarul Hikmah Pamulang.”

Rinto Alexandro, M. M., M. Pd Misnawati, and M. Pd Wahidin. 2021. “Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional).”

Rusnadi, N. M., & Arini, D. P. P. N. W. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA.” Mimbar PGSD Undiksha,: 1(1).

Sugiyono, Prof. 2011. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alpabeta, Bandung: 62–70.

Susilo, Herawati, Husnul Chotimah, and Yuyun Dwita Sari. 2021. “Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative.” MNC Publishing.

Wulandari, Innayah. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(1): 17–23. doi:10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

Unduhan

Abstract Views : 284
Downloads Count: 298

Diterbitkan

2024-07-03

Cara Mengutip

Nurhayati, Octalia Monika, Rosa Amelia, Nur Aini Farida, & M.Makbul. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Hafalan Surat Pendek Peserta Didik Kelas VII Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe STAD . Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 765–773. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9769

Terbitan

Bagian

Articles