Pengembangan Media Interaktif Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • Vidya Ayuningtiyas Universitas Islam Negeri Mataram
  • Siti Hajaroh Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9587

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media Kahoot dan efektifitas media Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian Research and Development.  Dengan metode pengumpulan data Observasi, angket, Dokumentasi. sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Aiken’V , Uji normalitas dan T tes. Hasil Penelitian menunjukan (1) Hasil uji validasi kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi tahap I 0,68254 temasuk dalam kategori “Sedang”, Uji media Tahap I dilakukan uji validasi dan kelayakan media yang dilakukan oleh diperoleh nilai 0,8277778 termasuk dalam kategori “Tinggi”, pada Tahap II validasi ahli Materi memperoleh hasil 0,801587 yang berarti validasi “Tinggi”. Sedangakan hasil validasil ahli media memperoleh hasil 0,838889 yang berarti validasi “Tinggi”. Sehingga media Kahoot layak untuk diimplementasikan. (2) Media kahood efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh, sebagaimana analis menunjkan adanya perbedaan signifikan sebelum diberikan media Kahood diimplementasikan. Dengan diperoleh data signifikan 0,015, dengan signifikansi < 0,05.

Keywords:

Kahoot Interactive media, Learning Motivation, fiqih

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyawati, 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia flash 8 Standar Kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates”, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Donald, Mc. 2013. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Fajri, N., dkk. 2021. Ali Akbar, and Supratman Zakir, “Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Materi Masuknya Islam Ke Nusantara Di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam,” Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat 4, no. 2 December 29.

Fatmawat, P. A. “Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Smp” Volume 1, Nomor 2, Desember 2021.

Fitriadi, P. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbasis Webquiz Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Materi Peserta Didik Sma”, Skripsi, FMIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Irwan, dkk. 2019. “Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa :,” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 February 28.

Iskandar, Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru, Jakarta: Referensi. 2012.

Kurnia, C. 2018. “Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X”, Skripsi, FTK UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Lickona, T. 2013. Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaiman Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Terjemahan oleh Wamaungo, J. A , Jakarta: Bumi Aksara.

Miftah, M. 2013. “Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”. Jurnal Kwangsan. Volume 1. No. 2.

Multiyaningsih, 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta : UNY Press.

Nawawi, M.I. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z”, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2.

Ningrum. G.D.K. 2028. “Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar” Vox Edukasi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol.9, No.1

Paramitha, Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Tegal : Convention Center.

Rifa’i, A dan Tri, A, C. 2019. Psikologi Pendidikan, Semarang: Unnes Press.

Rofiyarti, F. dkk. 2019. “„TIK Untuk AUD: Penggunaan Platfrom “Kahoot” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak.‟ jurnal pedagogi PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini” Volum 5. No.2.

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Tegnologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sajudin, M. 2021 Pengembangan Model Pembelajaran matematika berbasis reward dan punishment, Jawa Tengah : Wawasan Ilmu,

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.

Sardirman, 2011. Interaksi dan motivasi mengajar, Jakarta :Raja GRafindo Persada.

Sari, N. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Online Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn Kakatua Makassar”, Skripsi, FIP Universitas Negeri Makassar.

Sekaran dan Uma, 2006. Metode Penelitian Bisnis, Jakarta : Salemba Empat.

Slameto, 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta :Rineka Cipta.

Sudirman, 2019. “Peningkatan sikap social dan hasil Belajara Fiqih materi Hukum Waris dalam Islam melalui penerapan pembelajaran Saintifik model Information search bagi siswa kelas XI IIS Madrasah Aliyah Negeri 3 Sragen semester genap tahun pembelajaran 2017/2018”, Jurnal Pendidikan Konvegerensi Vol. 6 No. 27.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1991.

---------, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sumarsono, 2019. Pembimbingan Guru Membuat Kuis Online Kahoot! Dengan Combro, Cet 1 Yogyakarta: Deepublish.

Sundayana, 2015. Statistik Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Zuraida, 2022. “Penerapan kahoot sebagai Media Pembelajaran berbasis game basis learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Kimia di SMAN 1 Kembang Tanjong”, Skripsi, FTK UIN AR-Raniry.

Downloads

Abstract Views : 590
Downloads Count: 348

Published

2024-07-31

How to Cite

Ayuningtiyas, V., & Hajaroh, S. (2024). Pengembangan Media Interaktif Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 829–838. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9587

Issue

Section

Articles