Kata Mizan Dalam Prespektif Tafsir Al-Mizan Dan Implikasinya Terhadap Nilai Pendidikan (Kajian Surat Ar-Rahman dan Al-Hadid)
DOI:
https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9428Abstract
Artikel ini membahas makna kata mizan dalam Al-Qur’an prespektif tafsir Al-Mizan dan implikasinya terhadap nilai pendidikan, penafsiran ini merupakan kitab tafsir karya Muhammad Husain Thabathaba’i. Dalam Al-Qur’an terdapat lafadz mizan, kemudian dari lafadz itu kami bahas dengan Tafsir Al-Mizan karya Muhammad Husain Thabathaba’i, sehingga tujuan dalam artikel ini yaitu mengetahui makna lafadz mizan dan implikasinya terhadap nilai pendidikan prespektif tafsir Al-Mizan. Adapun fokus dalam permasalahan, penelitian ini menggunakan metode Library research dengan menggabungkan deskriptif dan kualitatif. Adapun data yang dikumpulkan berupa pendapat-pendapat para tokoh ataupun mufassir Muhammad Husain Thabathaba’i dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tema yang diambil, kemudian mengumpulkan beberapa referensi seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Riset ini menghasilkan bahwa makna lafadz mizan prespektif tafsir Al-Mizan adalah keadilan dan keseimbangan yang terdapat pada surat Ar-Rahman ayat tujuh sampai delapan dan Al-Hadid ayat 25.
Keywords:
Mizan, Tafsir Al-Mizan, Muhammad Husain Thabathaba’i, Library researchDownloads
References
Al-Mizan, T. (2020). Almizan. Archive. https://archive.org/details/tafsir-al-mizan-volume-1-abu-al-mudhaffar-muhammad-ibn-ali-al-tabatabai_202007/mode/2up
Almaany. (2024). Kamus istilah bahasa Indonesia bahasa Arab Halaman. Almaany.Com. https://www.almaany.com/ar/dict/ar-id/الميزان/
Amin, M. (2022). RELASI SOSIAL DALAM AL-QUR’AN. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(1). https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.523
AN, A. N., Suri, S., Akhyar, S., Amin, M., Hidayat, S., & Junaedi, D. (2023). Exploration of Wasatiyah Diction to Realize Sustainable Tolerance Between Religious Communities: A Study of the Translation of the Quran of the Ministry of Religious Affairs of The Republic of Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 11(12). https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i12.2148
Dulkin, A. A. (2023). Mengenal Yaumul Mizan: Pengertian, Dalil dan Penjelasannya. Detiksulsel. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6961022/mengenal-yaumul-mizan-pengertian-dalil-dan-penjelasannya
Hafil, M. (2021). Mizan, Ketika Amal Manusia Ditimbang Oleh Allah. Republika. https://www.republika.co.id/berita/qmn7vl484/mizan-ketika-amal-manusia-ditimbang-oleh-allah
Hanandita, N. T. (2023). Apa itu Neraca? Pengertian, Manfaat dan Serba-Serbi Lainnya. Detikfinance. https://finance.detik.com/moneter/d-5075000/apa-itu-neraca-pengertian-manfaat-dan-serba-serbi-lainnya
Hidayat, S. (2023). THE QORANIC VIEW OF THE WORLD’S RELIGIONS STUDY OF THE INDONESIA MINISTRY OF RELIGIOUS AFFAIRS’ AL-QURAN DAN TAFSIRNYA AND M. QURAISH SHIHAB’S TAFSIR AL-MISHBÂH. Revista de Gestao Social e Ambiental, 17(5). https://doi.org/10.24857/rgsa.v17n5-010
Hidayat, S., Amirsyah, A., Affandi, L., & Rahmat, M. (2022). The Impact of the Digital Al-Qur’an Thematic Learning Model on the Learning Achievement of Santri at Islamic Boarding Schools in Bandung Regency. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3764
Hidayat, S., & Muthoifin, S. H. I. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam QS Al-Alaq Ayat 1-5 (Kajian Tafsir Tarbawi Perspektif Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Misbah). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Husain, S. M. (2022). Thabathaba’i. Wikishia. https://en.wikishia.net/view/Sayyid_Muhammad_Husayn_al-_Tabataba%27i
Kadri, R. M., & Kirin, A. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QURAN DI SD SABBIHISMA PADANG SUMATRA BARAT. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(2). https://doi.org/10.23917/qist.v1i2.1051
Nirwana, A. (2020). KONSEP PENDIDIKAN PSIKOLOGI RELIGIUSITAS REMAJA MUSLIM DALAM MOTIVASI BERAGAMA. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.324
Nirwana, A., & Muthoifin, M. (2024). Parenting problems in the digital age and their solution development in the frame of value education. Multidisciplinary Reviews, 7(8), 2024163–2024163.
Nirwana AN, A., Nurrohim, A., Ash-Shiddiqi, I. J., Azizi, M., Agus, M., Lovely, T., Mas’ud, I., & Akhyar, S. (2023). PELATIHAN METODE TAJDIED UNTUK PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTABARAT. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/10.30829/pema.v2i1.2361
Rafi, M. (2020). Sayyid Muhammad Husain Al-Thabathaba’i: Arsitek Tafsir Al-Mizan. Tafsir al Quran | Referensi Tafsir Di Indonesia. Tafsirweb. https://tafsirweb.com/post/sayyid-muhammad-husain-al-thabathabai-arsitek-tafsir-al-mizan/
Rhain, A., Hafidz, Nashihin, H., Srihananto, T. H., & Hermawati, T. (2023). Tahsin Reading Assistance for Islamic Boarding School Tahfidz Qur’an Muhammadiyah Daarul Arqom Sawahan Ngemplak Boyolali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1). https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i1.2729
Rhain, A., Nirwana AN, A., & Setiawan, B. A. (2022). Reformulasi Metode Penafsiran Al-Qur’an Melalui Metode Tajdidi. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(3). https://doi.org/10.29240/alquds.v6i3.5299
Samsul Hidayat, A. N. W. (2015). Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Relevansinya Terhadap Pendidikan Nasional. Profetika: Jurnal Studi Islam, 16(1).
Suara Muhammadiyah. (2020). Memahami Makna Keseimbangan. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2020/12/31/memahami-makna-keseimbangan/
Sutrisno, A., Haqiqi, M. R., Roza, B. M., & Dalail, M. M. (2023). QUR’ANIC INSIGHTS ON RELIGIOUS MODERATION AND ITS RELEVANCE TO RELIGIOUS HARMONY IN INDONESIA. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 2(1). https://doi.org/10.23917/qist.v2i1.1470
Yeti Dahliana, Sabar hati Halawa, & Wildan Hamdani. (2022). Revitalisasi Taman Pendidikan Al Quran di Bendosari Sukoharjo. Abdi Psikonomi. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1184