Implementasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Menunjang Pemahaman Siswa MI di Era Society 5.0

Penulis

  • farikha Septia ningsih uin sunan ampel surabaya
  • Munawir UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9321

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa MI di era Society 5.0. Dalam era ini, teknologi telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sektor pendidikan. Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti Wordwall, telah digunakan sebagai salah satu alat untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan menarik. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran Fiqih di tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan materi Puasa Ramadan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dilakukan dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek atau objek yang diteliti secara tepat. Peserta penelitian adalah siswa kelas III di MI Adipura Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dalam pembelajaran Fiqih secara signifikan meningkatkan motivasi dan minat siswa serta pemahaman mereka tentang Puasa Ramadan. Siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan kognitif mereka melalui fitur interaktif Wordwall. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa MI di era Society 5.0.

Kata Kunci:

Collaborative Strategy, Islamic Education Learning, Interpersonal Intelligence., Brainstorming, Education, Interest in learning, Era Society 5.0, Islamic Education, Madrasah Ibtidaiyah, interaktif; partisipatif; efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Rini Nursaadah, Salsabila Baliani, and Putri Sopian. 2022. “Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Development of Word Wall Educative Game As Learning Media To Understand Islamic Religious Education Learning Subjects for Eleme.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(6):1835–52.

Aksenta, Almasari, Irmawati Irmawati, Achmad Ridwan, Nur Hayati, Sepriano Sepriano, Herlinah Herlinah, Ayupitha Tiara Silalah, Sio Jurnalis Pipin, Iim Abdurrohim, and Yoseb Boari. 2023. Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 Dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anwar, M. 2018. “Media Pembelajaran Perspektif Agama Islam.” An-Nahdhah| Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11(2):253–78.

Arrosyad, M. Iqbal, Deasy Antika, Eryza Tiara Dzulqa, and Maharani Balqis. 2023. “Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 1(2):414–23.

Azizah, Tsania Noor Aini, Shokhibul Arifin, and Ika Puspitasari. 2023. “Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(5):3168–75. doi: 10.54371/jiip.v6i5.1655.

Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir 11(1):85–99. doi: 10.32505/at.v11i1.529.

Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5(1).

Hasanah, Nurul. 2020. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 050763 Gebang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) 1(2):34–41.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Khoiriah, Siti Umi, Lia Karunia Lam Uli Lubis, and Diva Kayla Nazwa Anas. 2023. “Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan Era Society 5.0.” JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora 2(2):117–32.

M Iqbal Arrosyad, Deasy Antika, Eryza Tiara Dzulqa, and Maharani Balqis. 2023. “Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 1(2):415–16.

Muhajir, Noeng. 2016. “Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Fenomenologik Dan Realisme Metaphisik Studi Teks Dan Penelitian Agama.” Yogyakarta: Rake Seraju.

Muhammad Fani Qurniawan, Ira Nurmawati, Mohammad Sahlan. 2023. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas XI IPA.” 11(2):1953–79.

Musthafa, Fera Andriani Djakfar, and Hoirul Anam. 2023. “The Implementation of ‘Wordwall’ Web-Based Games as Instructional Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of 8th Grade Students at SMP Nurul Huda Modung.” Aqlamuna: Journal of Educational Studies 1(1):156–66. doi: 10.58223/aqlamuna.v1i1.238.

Pito, Abdul Haris. 2018. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Alquran.” Andragogi Jurnal Diklat Tenis 6:97–117. doi: 10.54437/ilmuna.v3i2.228.

Rahmawati, Mahfida Inayati, and Ali Nurhadi. 2024. “Urgensi Pendekatan Dan Metode Diklat Terhadap Profesionalisme Guru PAI Di Era Society 5.0.” AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies 7(1):1121–37. doi: 10.31943/afkarjournal.v7i1.924.The.

Rahmawati, S., and K. Nurachadija. 2023. “Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan.” Bersatu:Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1(5):01–12.

Risca Rubiantika, Moh. Sutomo, A. Andi Suhardi. 2021. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Pendidikan 7(3):98–104.

Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Subandowo, Marianus. 2022. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0.” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial 9(1):24–35.

Syahza, Almasdi, and U. Riau. 2021. “Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021.”

Zalillah, Dhillan, and Alfurqan Alfurqan. 2022. “Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 17 Gurun Laweh Padang.” Manazhim 4(2):491–504. doi: 10.36088/manazhim.v4i2.1996.

Unduhan

Abstract Views : 154
Downloads Count: 483

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Septia ningsih, farikha, & Munawir. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Menunjang Pemahaman Siswa MI di Era Society 5.0. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 683–698. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9321

Terbitan

Bagian

Articles