Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9199Abstrak
Keberagaman merupakan salah satu dari ciri khas bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya perbedaan keyakinan yang dianut masyarakat, tetapi, tidak sedikit konflik yang terjadi akibat gesekan antar pemeluk agama, apalagi di era society 5.0 yang serba digital dan mudahnya akses sosial media, seseorang dapat berkomunikasi dengan siapapun dan kapanpun. Akses konten hiburan yang begitu mudah terkadang menyimpan bahaya karena disisipkan paham radikal dan intoleran. Kementerian Agama mencetuskan program moderasi beragama sebagai upaya pencegahan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan madrasah ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan dasar berbasis agama dalam memperkuat moderasi beragama di era society 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif library research dengan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa madrasah ibtidaiyah memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama sebagai pedoman peserta didik dalam menjalankan agamanya. Madrasah ibtidaiyah berperan dalam memberikan pemahaman, pencegahan, pengentasan siswa yang terdeteksi memiliki pandangan ekstrim, serta pengembangan moderasi beragama.
Kata Kunci:
Madrasah Ibtidaiyah, Moderasi Beragama, Era Society 5.0Unduhan
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmadi, A., & Afifah, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59240/kjsk.v2i2.12
Apriani, N. W., & Aryani, N. K. (2022). Moderasi Beragama: Moderasi Beragama dalam Geguritan Dharma Sunyata. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737
Arni, T., Saputra, R., & Lahmi, A. (2022). PENGARUH PERAN KEPALA MADRASAH DAN STRATEGI GURU TERHADAP PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(7), Article 7. https://doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2404-2412
Aziz, A. R. A., Rabi’ah, R., & Ihromi, I. (2023). Peluang dan Tantangan Moderasi Beragama di Era Digital. INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.61590/int.v1i02.90
Cahyo, A. D. (2022). PENERAPAN KONSEP MODERASI BERAGAMA SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR KONFLIK SOSIAL KEAGAMAAN DI MADRASAH NEGERI 5 LAMPUNG UTARA. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5817
Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pai: Tinjauan analisis pada pendidikan dasar menengah dan tinggi. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 114–124.
Dianto, I. (2021). Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(2), 93–108. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i2.2400
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
Mahyudin, Habib, M. A. F., & Sulvinajayanti. (2022). DINAMIKA PENGARUSUTAMAAN MODERASI BERAGAMA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT DIGITAL. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/asketik.v6i1.181
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Mustaghfiroh, S. (2022). PENGARUSUTAMAAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI ERA SOCIETY 5.0. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5538
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Nuryanto, N. (2018). PENINGKATAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH: SCHOOL-BASED MANAGEMENT DAN KOMPETENSI GURU MADRASAH. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1.
Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224
Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI TPQ NGERANG TAMBAKROMO-PATI. Tunas Nusantara, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507
Ramadhan, M. R. (2021). Implikasi Era Society 5.0 Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47400/jiees.v2i2.36
Reusi, A. P. (2019). Ekspresi Vlogger Melalui Media Vlog Di Kota Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Ekspresi Vlogger Melalui Media Vlog Di Komunitas Youtube Creator Bandung) [Other, Universitas Komputer Indonesia]. https://doi.org/10/UNIKOM_Atami%20Puspa%20Reusi_BAB%20IV.pdf
Rohadatul Aisyi, -. (2020). PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD SECARA DARING: Studi Fenomenologi terhadap Guru Kelas IV dan V di SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas dan SDIT Persis Tarogong 2 Kabupaten Garut [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Rusmayani, R. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Islam Bagi Siswa Di Sekolah Umum. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 2, 786–795. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1293007&val=17308&title=Penanaman%20Nilai-Nilai%20Moderasi%20Islam%20Bagi%20Siswa%20di%20Sekolah%20Umum
Saputro, J., Missa, A., & Sitinjak, A. P. (2022). Memetakan Tantangan Pendidikan Kristiani bagi Remaja Menghadapi Gaya Hidup Era Society 5.0. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.46307/rfidei.v7i2.145
Sari, N. nadilla. (2021). Karakteristik Dan Model Integrasi Ilmu Madrasah Ibtidaiyah. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1824
Shofyan, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24
Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162
Suhardi, U., Anwar, M. K., & Wibawa, Y. Y. (2022). TANTANGAN MODERASI BERAGAMA DALAM DISRUPSI TEKNOLOGI. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i2.198
Wardati, L., Margolang, D., & Sitorus, S. (2023). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama: Analisis Kebijakan, Implementasi dan Hambatan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.196
Yulianto, R. (2020). IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i1.12