Implementasi Media Quizizz Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Acep Mulyadi Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yosse Afkar yose Universitas Islam 45 Bekasi
  • Muhammad Syakhil Afkar Ramadhani Universitas Islam 45 Bekasi
  • Alfi Husaini Universitas Islam 45 Bekasi
  • Muhammad Rijal Fadhilah Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8592

Abstract

Media pembelajaran berbasis Aplikasi Quizizz merupakan suatu alat bantu yang terbilang sangat efektif dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas. Alat ini membantu guru menyampaikan materi-materi yang bersifat abstrak dengan cara yang lebih menarik, mencegah kebosanan peserta didik terhadap metode pengajaran konvensional. Antusiasme siswa terhadap penggunaan media Quizizz juga meningkat, menunjukkan bahwa alat ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan berinteraksi. Penelitian ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada BAB 4 dengan model berbasis media Aplikasi Quizizz. 35 Siswa kelas 11 MIPA 3 SMA Negeri 1 Setu, Kabupaten Bekasi, menjadi responden dalam penelitian tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan teknik observasi dan tes. Dengan demikian, proses penelitian ini melibatkan pengamatan langsung terhadap partisipan dan penilaian melalui tes untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pembelajaran berbasis Aplikasi Quizizz ini dijalankan dalam 3 siklus secara berturut-turut. Hasil penelitian tindak kelas yang dilakukan melalui 3 siklus membuktikan bawa penggunaan media quizizz dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Setu Bekasi. Fakta ini juga tergambarkan melalui hasil tes awal pada siklus pertama, di mana nilai rata-rata mencapai 74,2. Namun tingkat keberhasilan rata-rata sebesar 90 tidak tercapai dan oleh karena itu program dilanjutkan pada siklus kedua. Dalam studi di universitas, siswa mampu mencapai nilai rata-rata 84,05. Karena tujuan tidak tercapai maka siklus ketiga dilanjutkan. Dalam studi pascasarjana, siswa dapat mencapai nilai rata-rata 95,3 pada skala penilaian 95 hingga 97. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi berbasis kuis dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang apa yang dipelajari selama pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model aplikasi Quizizz, yang bergantung pada media kuis, pasti dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN. Jurnal Kifrah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

AH, H., & Faizah, S. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Kaukaba Dipantara.

Ali, M. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/1

Dkk, D. A. (2021). Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1).

Helmawati, Dr. (2019). Pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS higher order thinking skills (P. Latifah, Ed.; 1st ed.). Remaja Rosdakarya.

M. Hasan, D. (2021). LANDASAN PENDIDIKAN (1st ed.). Tahta Media Group.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKAN, 03(01), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Ngantiningsih, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Online Menggunakan Quizizz Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlah Di MAN Kota Magelang.

Prasojo, L. D., Habibi, A., Mukminin, A., Muhaimin, Taridi, M., Ikhsan, & Saudagar, F. (2017). Managing digital learning environments: Student teachers’ perception on the social networking services use in writing courses in teacher education. Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(4), 42–55.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Roysa Mila, H. A. (2020). Aplikasi Daring Quizziz sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi. Aplikasi Daring Quizziz Sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan Di Masa Pandemi, 13(2).

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Edusainstek, 167–173.

Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101

Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022

Downloads

Abstract Views : 352
Downloads Count: 262

Published

2024-06-14

How to Cite

Acep Mulyadi, yose, Y. A., Muhammad Syakhil Afkar Ramadhani, Alfi Husaini, & Muhammad Rijal Fadhilah. (2024). Implementasi Media Quizizz Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 644–655. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8592

Issue

Section

Articles