Learning Outcome Processing Techniques Through PAP and PAN Methods

Penulis

  • Lia Awaliyah Universitas Majalengka
  • Devi Sari
  • Royan Shoimin
  • Dede Sri Rubai'ah
  • Syafa'atun Nahriyah
  • Dede Sri Rubai'ah
  • M Saroni Universitas Majalengka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan metode PAP dan PAN dalam teknik pengolahan hasil belajar. Dalam penelitian ini, penulis akan memfokuskan pada teknik pengolahan hasil tes, metode PAP, metode PAN, implementasi metode PAP dan PAN serta perbedaan antara metode PAP dan PAN dalam penilaian hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan  metode kualitatif dengan analisis deskriptif melalui kajian pustaka dari sumber terpercaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengolahan hasil tes dapat menggunakan dua metode yaitu Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Norma (PAN). PAP merupakan metode penilaian yang membandingkan skor yang diperoleh dengan standar yang telah ditentukan. Sedangkan PAN merupakan metode penilaian yang membandingkan skor yang dicapai dengan skor siswa dalam suatu kelompok. Pada umumnya metode PAP ini digunakan saat mengevaluasi nilai tes sumatif sedangkan metode PAN saat mengevaluasi nilai tes formatif. oleh karena itu, guru sebagai evaluator perlu mengetahui teknik pengolahan hasil belajar untuk meminimalisir terjadinya ketidakadilan saat melakukan penilaian siswa

Kata Kunci:

Processing techniques, test results, PAP and PAN PAN methods, PAP and PAN implementation, differences between PAP and PAN

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 377
Downloads Count: 1924

Diterbitkan

2023-08-27

Cara Mengutip

Lia Awaliyah, Sari, D., Shoimin, R., Sri Rubai’ah , D., Nahriyah , S., Sri Rubai’ah , D., & Saroni, M. (2023). Learning Outcome Processing Techniques Through PAP and PAN Methods. Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(1), 35–44. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/aa/article/view/6156