The Worldview Of Islam: Islamisasi Ilmu Pengetahuan Sebagai Upaya Membentuk Insan Kamil di Lingkungan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31949/al-akhbar.v11i1.14407Abstrak
Penelitian ini membahas Islamisasi ilmu pengetahuan sebagai pendekatan strategis untuk membentuk insan kamil dalam dunia pendidikan. Latar belakangnya adalah adanya dikotomi antara ilmu pengetahuan sekuler dan nilai-nilai Islam, yang memicu krisis identitas dan pemisahan wahyu dari akal dalam sistem pendidikan Islam. Tujuannya adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk fenomena islamisasi ilmu pengetahuan, mengidentifikasi faktor-faktor pemicunya, serta mengevaluasi dampak transformatifnya dalam membentuk insan kamil. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis literatur mendalam tentang konsep islamisasi ilmu dan insan kamil dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa islamisasi ilmu pengetahuan terwujud dalam integrasi nilai-nilai Islam ke dalam ilmu modern, penghapusan dikotomi ilmu agama dan umum, serta penyingkiran unsur sekularisme dan budaya asing yang bertentangan dengan Islam. Faktor utamanya meliputi krisis identitas umat Islam, kurangnya integrasi kurikulum, dan tantangan globalisasi ilmu pengetahuan. Implikasi transformatifnya adalah terciptanya insan kamil yang berkarakter utuh—cerdas, beriman, berakhlak mulia, dan mampu mengintegrasikan ilmu dengan spiritualitas. Dengan demikian, pendidikan Islam yang menerapkan islamisasi ilmu pengetahuan mampu menghasilkan generasi yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga memiliki kesadaran moral dan sosial yang tinggi, mendukung pembangunan masyarakat Islami yang berkeadaban.
Kata Kunci:
Insan Kamil, Integrasi Ilmu, Islamisasi Pengetahuan , Pendidikan Islam , World View IslamUnduhan
Referensi
References
Abduh, A., & Abduh, M. A. (2023). Membongkar+PerbedaaWorldview +Perspektif+Islam+Dan+Barat+Dalam+Konsep+Ekonomi+Ditengah+Hegemoni+Kapitalisme. 1(1), 1–19.
Ahmad, A. (2021). Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 32–50. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.98
Rachmayani, Asiva Noor. "No Analisis struktur ko-sebaran indikator terkait kesehatan, pusat rasa sehat subjek, dan lansia yang tinggal di rumah." Title. 0 6 (2015).
Febriana, L., Tobroni, Faridi, Mustamin, A. A., & Sari, T. N. (2022). Implikasi Konsep Insan Kamil Ibnu Arabi terhadap Pendidikan Islam Berkemajuan. International Conference on Tradition and Religious Studies, 1(1), 133–144. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/
Handika, D. F., & Darmiyati, A. (2022). Refleksi Pendidikan Karakter Islam Dalam Membentuk Insan Kamil Di MTSN 4 Karawang. Jurnal Education and …, 10(1), 379–385. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3467%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3467/2232
Irawati, D., Masyithah, Q., Dafirsam, D., & Burhanuddin, N. (2024). Integrasi Ilmu dan Agama Sebagai Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2). https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.444
Khasanah, K. :, Sakti, B. A., Faruqi, A., Patimah, D. A., Khasanah, L., Djaya, M., Bima Sakti, A., Reza, A., Al Faruqi, H., Purwaningtyas, D. A., & Patimah, &. (2023). Konsep ta’dib menurut Al-Attas sebagai solusi pendidikan moral usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 134–148. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.8544
Khoirunnisa, A., & Syamsudin. (2024). Evaluasi Pendidikan Menurut Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 3(2), 105–115. https://doi.org/10.55080/jpn.v3i2.98
Maila Rahayu, A., Supraha, W., & Mansur Tamam, A. (2021). Pengembangan Supervisi Proses Pembelajaran Berbasis Worldview Islam Pada Pendidikan Dasar. Rayah Al-Islam, 5(02), 668–687. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.492
Nuryanti, M., & Hakim, L. (2020). Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(1), 73. https://doi.org/10.22373/substantia.v22i1.5531