Learning Outcome Processing Techniques Through PAP and PAN Methods
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan metode PAP dan PAN dalam teknik pengolahan hasil belajar. Dalam penelitian ini, penulis akan memfokuskan pada teknik pengolahan hasil tes, metode PAP, metode PAN, implementasi metode PAP dan PAN serta perbedaan antara metode PAP dan PAN dalam penilaian hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan analisis deskriptif melalui kajian pustaka dari sumber terpercaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengolahan hasil tes dapat menggunakan dua metode yaitu Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Norma (PAN). PAP merupakan metode penilaian yang membandingkan skor yang diperoleh dengan standar yang telah ditentukan. Sedangkan PAN merupakan metode penilaian yang membandingkan skor yang dicapai dengan skor siswa dalam suatu kelompok. Pada umumnya metode PAP ini digunakan saat mengevaluasi nilai tes sumatif sedangkan metode PAN saat mengevaluasi nilai tes formatif. oleh karena itu, guru sebagai evaluator perlu mengetahui teknik pengolahan hasil belajar untuk meminimalisir terjadinya ketidakadilan saat melakukan penilaian siswa