Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Pada Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangururan

Abstract Views : 9 / Downloads Count: 8

Authors

  • Lamria Naibaho Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Jusrin Efendi Pohan Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Christin Agustina Purba Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9353

Keywords:

Instrumen Penilaian, Uji Produk, Hasil Belajar, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian pada teks berita untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangururan. Instrumen penilaian tersebut telah divalidasi dan untuk mengetahui implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Data dan sumber data pada penelitian ini diperoleh dari lembar catatan lapangan (fiel notes), lembar validasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan materi memiliki kriteria “Baik” dengan total presentasi 78%. Pada aspek desain memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan presentasi 87%. Hasil angket ke siswa memperoleh kriteria “Baik Sekali” dengan total 94%. Hasil angket oleh guru memperoleh kriteria “Baik Sekali” dengan presentase 88%. Hasil respon guru terhadap instrumen penilaian teks berita berbasis berpikir tingkat tinggi memperoleh presentasi 85% dengan kriteria “Sangat Baik. Hasil uji coba peserta didik memperoleh nilai rata-rata 80 dengan jumlah siswa 32 siswa. 26 siswa dinyatakan lulus dan 6 orang tidak lulus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen (A. Prihantoro, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrul, M., Maulid, D., & Fauzi, H. (2019). Evaluasi pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2018). Jenis-jenis teks: Fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Maulana, N., Pratiwi, R., & Kurniawan, D. (2012). Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran membaca kelas VII SMP. Malang: Artikel Skripsi.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nuri, W. I. (2018). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa berdasarkan teori Al Mawardi (Undergraduate thesis). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Poerwanti, E. (2001). Evaluasi pembelajaran (Modul Akta Mengajar). Malang: UMM Press.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supariadi, S. (2015). Penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif, dan psikomotor (konsep dan aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparno, P., & Yunus, R. (2017). Keterampilan dasar menulis. Universitas Terbuka.

Zulkifli, M. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 87–100.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Naibaho, L., Pohan, J. E., & Purba, C. A. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Pada Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangururan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9353

Issue

Section

Articles