Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pangeran Antasari

Abstract Views : 14 / Downloads Count: 16

Authors

  • Hendry Baginta Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Teguh Trianton Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Christin Agustina Purba Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9202

Keywords:

Kesalahan Berbasaha, Teks Deskripsi

Abstract

Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa bidang sintaksis yang terdapat pada teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Pangeran Antasari. Data penelitian ini berupa kalimat dan paragraf pada teks deskripsi siswa sebanyak 27 karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes, yakni siswa diminta untuk menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada bidang sintaksis yang terdapat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari terdiri dari 5 bentuk kesalahan yaitu kesalahan karena penggunaan diksi yang tidak tepat, kesalahan karena kalimatnya yang tidak bersubjek, kesalahan karena kalimatnya tidak logis, kesalahan karena kalimat yang pleonistis/ berlebih-lebihan, dan kesalhan karena penggunaan kata tanya yang tidak tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. (2006) Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Diertorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Arifin, E. Zaenal dan Hadi, Farid. (2009). Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: AKA Press.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gianty, dkk, (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. April 2019, Volume 3, Nomor 1.

Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563-1577.

Junus, Andi Muhammad.(2010). Analisis Kesalahan Berbahasa. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kosasih. (2006). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama Widya.

Kurniasari, A.N. (2014). Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia Superkonplet. Yogyakarta: Data Publishing.

Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Manaf. (2009). Sintaksis Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyawati, Nanik, (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Yunus Muhamad. (2002). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suryana, A., dan Basyaruddin, M. P. (2017). Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Basastra, 6(3), 217448.

Suwandi, I Nengah. (2008). Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Baginta, H., Trianton, T., & Purba, C. A. (2024). Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pangeran Antasari. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9202

Issue

Section

Articles