Manajemen Kurikulum PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Azzainiyah 1 Randumerak

Abstract Views : 8 / Downloads Count: 5

Authors

  • Abu Hasan Agus R Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Kholifatunnisak Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9122

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang bagaimana membentuk nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui kurikulum pendidikan agama islam di madrasah. Melalui penerapan manajemen kurikulum yang baik di madrasah diharapkan pendidik mampu membangun kesadaran pada diri anak tentang keberadaan Tuhan dan hubungannya dengan sang pencipta. Dalam pendidikan karakter, madrasah memiliki konteks kurikulum religius yang sangat bermanfaat bagi pencapaian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, tertib, disiplin sesuai dengan peraturan yang ada, maka diharapkan peserta didik memiliki rasa sopan santun, ketaatan kepada orang tua mereka dan guru, serta memiliki rasa peduli terhadap lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan agama islam sangatlah penting diterapkan di madrasah, karena didalamnya terdapat pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada peserta didik dengan tujuan meningkatkan karakter religius siswa di madrasah guna mencapai pendidikan islam secara kaffah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pola pengumpulan dan penggunaan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifandasari, T., Suluri, S., & Ramadhan, S. (2023). Perkembangan kajian pendidikan karakter religius: Analisis jurnal bibliometrik pada database Scopus. Manazhim, 5(1), 517–535. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.3038

Ainiyah, N., & Wibawa, H. (2013). Melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(11), 30.

Anam, N. (2021). Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum untuk dapat mengoptimalkan hasil sesuai kondisi yang ada untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh siswa, keluarga, maupun masyarakat. 1(2), 129–143.

Andayani, E. (2011). Revitalisasi nilai-nilai pendidikan karakter. 4(2), 31–45.

Azhari, R. (2022). Manajemen kurikulum terpadu berbasis pesantren dalam meningkatkan kompetensi bidang keagamaan dan karakter religius peserta didik di SMAS Al-Rifa’ie Gondanglegi Kabupaten Malang. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 142–156.

Aziz, R. (2003). Hakikat dan prinsip metode. 292, 292–300.

Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di madrasah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.57-76

Bahrissalim, & Fauzan. (2018). Guru PAI di Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 25–52. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2779

Choirun, N., Wijayanti, D. A., & Widyarini, L. (2023). 3 1,2,3. 08(September), 2002–2010.

Di, P., & S M A Dharmawangsa. (n.d.). Kata kunci. 51–64.

Fery Irianto Setyo Wibowo, F. (2023). Manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 1(1), 32–26. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.88

Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan karakter religius peserta didik. 7.

Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan program keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.37

Kartika, I., Kuswandi, S., Herawati, S., Ropitasari, A., Al, S., Sukabumi, M., Nida, S., & Adabi, E. (2023). Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mewujudkan karakter religius pada peserta didik. 917–932.

Kurnia, D. (2022). Perencanaan kurikulum pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6(01), 11–28. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524

Muttaqin, M. (2021). Konsep kurikulum pendidikan Islam (Perbandingan antar tokoh/aliran). Jurnal TAUJIH, 14(01), 1–16. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.302

Nadya Putri Mtd, M. I., Butarbutar, S. A. B., Sinulingga, J. R. M., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722

Noorzanah. (2019). Kurikulum dalam pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68–74.

Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum pendidikan agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan budi pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Putra, F. P., & Hamami, T. (2023). Pengembangan tujuan kurikulum. At-Ta’dib, 15(1), 17–30.

Sartika, I. I. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 54–85. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/71

Sudaryanta, S. (2019). Manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 125. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3673

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Pembentukan karakter religius siswa aktivitas keagamaan pembiasaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2(March), 55–65

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Agus R, A. H., & Kholifatunnisak, K. (2024). Manajemen Kurikulum PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Azzainiyah 1 Randumerak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9122

Issue

Section

Articles