Penerapan Prinsip Psikologi Positif dalam Kebijakan Managemen Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Kerja

Abstract Views : 70 / Downloads Count: 68

Authors

  • Khalishatun Nuriyah Universitas Nurul Jadid
  • Diah Maghfiroh Setiawan Putri Pasca Sarjana Universitas Nurul Jadid
  • Zahro Anisa Pasca Sarjana Universitas Nurul Jadid
  • Abu Hasan Agus R Pasca Sarjana Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8184

Keywords:

Managemen Sumber Daya Manusia, Kepuasan Kerja, Kinerja Psikologi Positif

Abstract

Tujuan penulisan karya ini untuk menganalisis penerapan prinsip psikologi positif dalam kebijakan MSDM untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan sumber data utama dari jurnal akademis, buku teks, dan artikel ilmiah yang berfokus pada interseksi MSDM dan Psikologi Positif. Teknik analisis data melibatkan sintesis informasi dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mendukung tujuan penelitian. Hasil karya ini yaitu dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi positif dalam kebijakan MSDM, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang holistik, berfokus pada pengembangan karyawan dan keseimbangan kehidupan. Pengakuan dan reward yang bukan hanya terbatas pada insentif finansial, melainkan juga sebagai sarana meningkatkan motivasi, memperkuat budaya pengakuan positif. Evaluasi kinerja yang adil dan transparan, bersinergi dengan pandangan positif, memberikan umpan balik konstruktif dan motivasi untuk peningkatan. Komitmen pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan melalui program kesehatan dan dukungan konseling mencerminkan perhatian terhadap dimensi fisik dan mental. Keseluruhan, penerapan prinsip psikologi positif dapat memberikan dampak positif pada kepuasan dan kinerja karyawan, merangsang pertumbuhan, keseimbangan, dan kesejahteraan, menciptakan manfaat yang luas bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambit, L. (2021). Analisis Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2020. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Andriani, R., Ahman, E., & Santoso, B. (2021). Conditional Process Pada Manajemen SDM: Perspektif Polychronicity, Kepuasan Kerja, Engagement Karyawan, Lingkungan Kerja, dan Turnover Intention. Gracias Logis Kreatif.

Aprilyani, R., & Fahlevi, R. (2022). Psikologi Positif.

Ediati, A. (n.d.). Dampak futsal.

Ediati, A. (2019). Dampak Futsal-Berbasis-Psikologi-Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(2), 95–109.

Fauziah, D. N., & Chusairi, A. (2022). Hubungan antara Celebrity Worship dan Kesejahteraan Psikologis Remaja Penggemar K-Pop. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 398–400.

Hude, M. D., & Faizin, F. (2020). Fondasi psikologi positif Qur’ani: Character strengths dan virtue dalam tinjauan psikologi positif dan Al-Qur’an. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 11(1), 67–81.

Nugroho, Y. A. B. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengelola SDM Secara Profesional. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Nurbaya, S. (2020). Manajemen Sumberdaya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0. Nas Media Pustaka.

Nurdin, M. (2021). Meraih meaningful life: perspektif psikologi positif dan tasawuf positif. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, 1(1), 386–401.

Pramularso, E. Y. (2021). Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja dan Kompensasi pada PT Matahari Department Store Cabang Cibubur. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(1), 45–50.

Putra, M. A. (2023). Psikologi Positif: Mencari Kebahagiaan dan Kualitas Hidup yang Lebih Baik. Literacy Notes, 1(1).

Rahmat, I., & Agusti, N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Islam: Sejarah, Nilai, dan Benturan. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(1), 23–38.

Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Fadhilah, N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., & Tawil, M. R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suprihanto, J., & Putri, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. UGM PRESS.

Suryani, N. K., Se, M. M., & Ir John EHJ FoEh, I. P. U. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Nilacakra.

Syafruddin, S. E., Periansya, S. E., Farida, E. A., Nanang Tawaf, S. T., Palupi, F. H., ST, S., … Satriadi, S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Rey Media Grafika.

Takdir, M. (2019). Psikologi syukur: perspektif psikologi qurani dan psikologi positif untuk menggapai kebahagiaan sejati (authentic happiness). Elex Media komputindo.

Utama, D. R. Z. M., & SE, M. M. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep Dasar Dan Teori. UNJ PRESS.

Walida, D. T. (2023). Konsep Kebahagiaan Perspektif Tafsir Al-Azhar dan Psikologi Positif. Institut PTIQ Jakarta.

Widianti, H. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM): Sebuah Pengantar untuk Mahasiswa. Penerbit NEM.

Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian dan Absensi Karyawan Megara Hotel Pekanbaru Berbasis Web. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 2(2), 56–76.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Nuriyah, K., Putri, D. M. S., Anisa, Z., & Agus R, A. H. (2024). Penerapan Prinsip Psikologi Positif dalam Kebijakan Managemen Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Kerja. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 687–694. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8184

Issue

Section

Articles