Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali

Abstract Views : 9 / Downloads Count: 6

Authors

  • M. Slamet Yahya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Eri Syahriyah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9019

Keywords:

Bidayah Al-Hidayah, Pendidikan Akhlak, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan akhlak penting untuk pembentukan karakter yang baik. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk melanjutkan penelitian sebelumnya tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah karena peneliti beranggapan terdapat research gap dengan penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan dan mengolah data yaitu  editing, organizing, dan penemuan hasil temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah diantaranya akhlak kepada Allah SWT meliputi; akhlak mempunyai niat yang baik dalam menuntut ilmu dan akhlak memperbanyak żikir/mengingat Allah SWT, akhlak kepada diri sendiri meliputi; akhlak memanfaatkan waktu dengan baik dan akhlak menjaga diri dan menjauhi larangan-Nya, akhlak kepada sesama manusia meliputi; akhlak sebagai seorang pendidik/guru, akhlak sebagai seorang peserta didik/murid, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap orang awam, akhlak terhadap sahabat, dan akhlak terhadap orang yang baru di kenal. Kemudian nilai pendidikan akhlak tersebut mempunyai relevansi terhadap pendidikan karakter di indonesia diantaranya; religius, toleransi, disiplin, demokratis, bersahabat /komunikatif,  peduli sosial, dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, Abu Hamid. (1998). Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi terj. M. Fadlil Sa’d an-Nahdi. Surabaya: Al-Hidayah.

Al-Ghazali, Abu Hamid. (2008). Mutiara Ihya’ Ulumuddin: Ringkasan yang Ditulis Sendiri Oleh Sang Hujjatul Islam. Mukhtashar Ihya ‘Ulumuddin terj. Irwan Kurniawan. Bandung: Mizan Pustaka.

Al-Ghazali, Abu Hamid. Bidayah Al-Hidayah.

Ali, Agus. dkk. (2021). “Pendidikan Akhlak dan Karakter sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia”. HAWARI Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. Vol. 2, No. 1.

Faiz, Aiman. dkk. (2021). “Tinjauan Analisis Kritis terhadap Faktor Penghambat Pendidikan karakter di Indonesia”. Jurnal Basicedu. Vol. 5, No. 4.

Fauziatun, Nurlaily dan M. Misbah. (2020). “Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter”. Jurnal Kependidikan. Vol. 8, No. 2.

Haryono, Eko. (2023). “Metodologi Penelitian Kulaitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”. The Journal of Islamic Studies. Vol. 1, No. 1.

Nurmala. (2021). “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidāyah Al-Hidāyah karya Imam Al-Ghazali”, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Patel. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kulaitatif . Yogyakarta: Rake Sarasin.

Pristiwanti, Desi. dkk. (2022). “Pengertian Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4, No. 6.

Q.S. Al-‘Asr: 1-3.

Rizal, Saiful. Kiat Mencapai Hidayah Terjemah Bidayatul Hidayah. Surabaya: Aulia.

Sirait, Ibrahim. (2022). “Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam”. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No.2.

Sukatin. dkk. (2023). “Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 3, No. 5.

Tarigan, Ira Wahyuni Br. dkk. (2024). “Analisis tentang Ragam Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam”. Journal of Education Research. Vol. 5, No. 1.

Wijaya, Umarti Hengki. (2020). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Yahya, M. S., & Syahriyah, E. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9019

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)