Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTs Minhajut Tholabah Purbalingga

Abstract Views : 59 / Downloads Count: 30

Authors

  • M. Slamet Yahya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Herman Wicaksono UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Mustajab IAINU Kebumen
  • Elvis Nadhaftul Aqvi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8763

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, MTs Minhajut Tholabah Purbalingga

Abstract

Terlepas dari kontroversi yang ada, nampaknya Kurikulum Merdeka kini berangsur-angsur mulai dapat diterima masyarakat akademik khususnya di jenjang sekolah atau pun madrasah. Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang mengadopsi atau menerapkan Kurikulum Merdeka.. Hal ini terbukti hampir di setiap kabupaten/kota sudah ada sekolah yang menerapkannya, di antaranya ialah MTs MTs Minhajut Tholabah Purbalingga. Penelitian kualitatif-deskriptif ini dilakukan pada awal Juli hingga akhir Agustus 2023 dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Minhajut Tholabah Purbalingga dengan mengambil fokus pada kelas VII. Data kualitatif yang diperoleh melalui survei, observasi, dan dokumentasi dianalisa sedemikian rupa hingga ditarik beberapa simpulan untuk menjawab rumusan masalah. MTs Minhajut Tholabah Purbalingga merupakan Pilot Project implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Purbalingga untuk jenjang MTs khususnya MTs swasta. MTs Minhajut Tholabah Purbalingga merupakan madrasah yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Minhajut Tholabah Purbalingga. Untuk itu, dalam penerapannya, lembaga ini telah mengintegasikan pembelajaran di madrasah dengan pembelajaran di pesantren khususnya untuk mata pelajaran rumpun PAI. Dalam praktiknya, mata pelajaran rumpun PAI disajikan menggunakan kitab-kitab yang juga dikaji di pesantren. Dari segi waktu pembelajaran, khusus mata pelajaran rumpun PAI dilaksakan mulai jam 13.00 sampai selesai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik lebih fokus untuk mempelajari materi-materi keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahid, N. (2006). Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. Islamica, 1(1).

Edaran SK Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka TP 2022/2023 (2022).

Hamdi, S. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1).

Hidayah, R., Wangid, M. N., & Wuryandani, W. (2022). Elementary School Teacher Perception of Curriculum Changes in Indonesia. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 77–88. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.07

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik Dan Pembelajaran Berkualitas. Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik Dan Pembelajaran Berkualitas.

KMA Nomor 347 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (2022).

Marihandono, Prof. Dr. D. (Ed.). (2017). Ki Hajar Dewantara “Pemikiran dan Perjuangannya.” Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muharrom. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 3(1).

Nurmafiyanti, I. (2023, July 11). Wawancara Kepala MTs Minhajut Tholabah Purbalingga [Personal communication].

Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran (R. Watrianthos, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Gramedia Widasarana Indonesia.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa,” 261–272.

Sulaiman, A. (2023, Agustus). Wawancara Waka Kurikulum [Personal communication].

Tim Penyusun Kurikulum Operasional. (2023). Kurikulum Operasional MTs Minhajut Tholabah Purbalingga. MTs MInhajut Tholabah Purbalingga.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Yahya, M. S., Wicaksono, H., Mustajab, M., & Aqvi, E. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTs Minhajut Tholabah Purbalingga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 577–583. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8763

Issue

Section

Articles