Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Question Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Abstract Views : 38 / Downloads Count: 28

Authors

  • Shifa Irawaty Universitas Mataram
  • Husniati Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8935

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Question Card, Motivasi Belajar

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan pada pembelajaran yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SDN 3 Montong Betok, didapatkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III tergolong masih rendah ditandai dengan munculnya indikator yang mengarah ke motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media question card terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 3 Montong Betok tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental, desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampel jenuh yakni seluruh peserta didik kelas IIIA dan IIIB sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket serta menggunakan instrument lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar angket/kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji statistik independent sample t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 maka Ho ditolak yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan question card terhadap motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 3 Montong Betok tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan perhitungan effect size cohen’s (d) didapatkan hasil sebesar 0,80, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut masuk dalam kriteria pengaruh yang besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhika, M. R., & Mauliza, M. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1277

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ari Astuti, N. M. M., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 319–328. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506

Arimbawa, R. K., Renda, N. T., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Question Card Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2877

Dewi, N. P. I. C. et al. (2019). Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 3(2), No 2.

Faradita, M. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 185–192.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966

Istiqomah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Padang I. 1–23.

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Nurhayati, N., & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 29. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5248

Prastiwi, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IVB SDN Brumbung Tahun Ajaran Gasal 2021/2022. Action Research Journal, 2(1), 35–41. http://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/477%0Ahttp://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/download/477/247

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Restu Rahayu et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Santoso. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95.

Sulfemi, W. B. S., Arsyad, A., & Nurlelasari, E. (2022). Model Course Review Horay Berbantu Media Kartu Berpadu Permainan Tic Tac Toe dalam Pembelajarn PAI Masa PPKM. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 171–188. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.728

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86

Yuniati, V. (2007). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay Improving Motivation To Learn Social Studies By Using the Course Review Horay.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Irawaty, S., Husniati, H., & Hidayati, V. R. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Question Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 590–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8935

Issue

Section

Articles