Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Kelas II SDN 2 Karang Bayan Tahun Ajaran 2023/2024

Abstract Views : 53 / Downloads Count: 48

Authors

  • Iin Sumarlin Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8585

Keywords:

Kesulitan Siswa, Menyelesaikan, Soal Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas II dalam menyelesaikan soal perkalian di SDN 2 Karang Bayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II SDN 2 Karang Bayan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan data ditempuh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang diberikan berjumlah 3 butir soal uraian materi perkalian. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan analisis tematik yang meliputi mengenali data, membuat kode data awal, mecari tema, meninjau tema, mendefinisikan dan menamakan tema, hingga menghasilkan laporan. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, yaitu 1) pada tahap memahami masalah, kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan mengidentifikasi masalah, memahami masalah dengan benar, dan tidak menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam masalah; 2) pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, kesulitan yang dialami siswa, yaitu tidak memiliki rencana penyelesaian masalah dan kesulitan dalam menentukan operasi hitung yang digunakan; 3) pada tahap penyelesaian masalah, kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menyelesaikan maslah sesuai dengan rencana dan melakukan operasi hitung dengan benar; 4) pada tahap memeriksa kembali jawaban, kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menarik kesimpulan dari jawaban yang diperoleh dan mengecek kembali perhitungan yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahaman, M. (2013). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azis (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64 –72

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative research in Psychology, 3(2), 77-101.

Hastiwi, L. & Budiharti (2018). Identifikasi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matamatika Kelas V SDN Sinduadi Timur mlati Sleman. Jurnal PGSD Indonesia. 4(1), 93– 97.

Hidayat, B. R. (2013). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1).

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Junita, M., Yusmin, E. Suratman, D. (2019). Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72 –80.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Nailul, C., Sholehah, H., Nurmahilawati, D., Fadila, N., Mulyati, I. S., & Fauzi, I. (2022). Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan PTK. JurnalPadegogik, 5(2), 1–2.

Ozerem, A. (2012) Misconception in Geometry and Suggested Solution for Seventh Grade Students. International Journal of Trends in Art, Sport, and Science Education, 1(4), 23–35.

Polya, G. (1973). How To Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.

Puspita, R. A. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas IX SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Klasifikasi Watson. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Raharjo, M. & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Rindyana, B. S. B. & Chandra, T. D. (2012) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, 1(2).

Samadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Enektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).

Sulistiowati, D. L. (2022). Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Materi Bangun Datar. BULLET: Jurnal Multididiplin Ilmu, 1(5), 941–951.

Sulistyorini, S. & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP Kelas VII di SMPN 2 Gatak Sukoharjo. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suryadi, D, Yulianti, K., & Junaeti, E. Moden Antisipasi dan Situasi Didaktis dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/195802011984031-Didi Suryadi/DIDI-24.pdf.

Syahda, U. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6 (1).

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Sumarlin, I., Affandi, L. H., & Hidayati , V. R. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Kelas II SDN 2 Karang Bayan Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 462–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8585

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)