Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Penguatan Keterampilan Berhitung Perkalian bersusun kelas IV

Abstract Views : 14 / Downloads Count: 13

Authors

  • Sakti Wijayanti Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Maulana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8727

Keywords:

Keterampilan berhitung, penguatan, perkalian bersusun, Team Assisted Individualization

Abstract

Keterampilan berhitung tidak hanya berguna pada mata pembelajaran matematika saja, tetapi akan berguna juga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Peneliti mengamati masih rendahnya keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik di kelas IV. Masih banyak peserta didik yang tidak mengetahui cara mengalikan dan menempatkan posisi pada setiap angka yang dikalikan. Dalam pembelajaran guru juga banyak belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran masih bersifat teacher centered . Oleh karena itu, untuk menguatkan keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik sekolah dasar salah satunya adalah memilih strategi pembelajaran yang tepat. Maka tujuan utama dalam penelitian ini adalah melihat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap penguatan keterampilan berhitung perkalian bersusun peserta didik kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes (pretest dan posttest). Penelitian ini ditujukan pada peserta didik kelas IV sekolah dasar dengan jumlah dua kelas yaitu  kelas eksperimen dan kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Hasil pretest dan post test menunjukan adanya pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berhitung perkalian bersusun yaitu memiliki nilai signifikansi 0,000. Adanya pengaruh juga dibuktikan pada peningkatan nilai rata-rata keseluruhan kelas eksperimen yaitu 44,1 menjadi 74,73. Selain itu waktu rata-rata pengerjaan soal meningkat dari 45 menit menjadi 30 menit. Dengan demikian, adanya penggunaan strategi pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) ini dapat berpengaruh memberi penguatan keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan jarimatika terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan berhitung siswa pada materi perkalian. 881–890.

Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 12–18.

Marzuki. (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Perkalian Bersusun Menggunakan Model Kooperatif Tipe TAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Meurah Dua. Lentera, 11(2), 31–39.

Rahayu, S. R., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2022). Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Iv Sdn Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Jurnal Holistika, 6(1), 41. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).

Sunaengsih, C. (2008). P [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/70041/

Sunaengsih, C., Djuanda, D., Irawati, R., & Amelia Karlina dan Juni Artha Juneli, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 4(4), 11–17.

Tamaraningtyas, O., Lestari, L., & Riyadi, R. (2018). … Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II Sekolah …. JPI (Jurnal Pendidikan …. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/46291%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/viewFile/46291/29111

Wulandari, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2977

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Wijayanti, S., Maulana, M., & Sunaengsih, C. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Penguatan Keterampilan Berhitung Perkalian bersusun kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 607–613. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8727

Issue

Section

Articles