Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Asesmen Diagnostik di Sekolah Dasar Pengampon III Kota Cirebon

Abstract Views : 275 / Downloads Count: 342

Authors

  • Monika Yolanda S Universitas Pendidikan Indonesia
  • I. Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7856

Keywords:

Asesmen diagnostik, implementasi dan kesiapan guru

Abstract

Kurikulum merdeka yang diluncurkan pada tahun 2022 memunculkan banyak tuntutan adminstrasi mengajar baru pada guru. Salah satunya adalah pada asesmen diagnostik. Pentingnya menekankan asesmen diagnostik untuk memahami profil belajar siswa dan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik di SDN Pengampon III, Kota Cirebon. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dua guru diwawancarai menggunakan pedoman wawancara untuk mengevaluasi pemahaman konsep asesmen diagnostik, keterampilan dalam menyusun instrumen, pelaksanaan proses asesmen, evaluasi hasil, serta cara menghadapi tantangan dalam penerapan asesmen diagnostik. Analisis data mengindikasikan bahwa kedua guru memiliki pemahaman konseptual yang kuat dan sering menggunakan asesmen diagnostik dalam praktik pembelajaran mereka. Namun, mereka masih menghadapi tantangan dalam merancang asesmen yang dapat memenuhi kebutuhan siswa secara diferensial. Kesimpulannya, meskipun guru-guru telah menunjukkan kesiapan yang baik dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik, perlu ditingkatkan lagi dalam hal diferensiasi instrumen asesmen untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pelatihan yang lebih efektif bagi para guru untuk mendukung implementasi asesmen diagnostik yang sukses di SD Pengampon III, Kota Cirebon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147-156.

Cholifah Tur Rosidah, P. P. (2015). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasi Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 87-103.

Eka Wahyuningsih &, I. M. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Cikalongwetan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 4(4), hal 445-455.

Ika Maryani, E. H. (2023). Asesmen Diagnostik Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: K-Media.

Kemendikbud, P. A. (2020). Buku saku asesmen diagnosis kognitif berkala.

Kusumawati, L. K. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), hal 2683-2691.

M. Riyan Afandi, M. A. (2023). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Prosding Santika 3: Seminar Nasional Tdris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 552-562.

Maharani Dwi Ayuni, I. D. (2023). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik (Studi Kasus : Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). Journal Of Social Science Research, 3(2), hal 3961-3976.

Mamon, S. &. (2021). Merdeka Belajar Menjadi Manusia Manusia Autentik. Jakarta: PT. Elekx Media Komputindo.

Nur Laela Dewi, S. &. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9(2), hal 4995-5008.

Salma, V. M., Nugroho, S. E., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1).

Sadirman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ulfa Laulita, M. &. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), hal 1-17.

Safutri, R. I., & Ain, S. Q. (2024). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas IV Di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 75-84.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Yolanda S, M., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Asesmen Diagnostik di Sekolah Dasar Pengampon III Kota Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 251–257. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7856

Issue

Section

Articles