Penggunaan Limbah Kemasan Sebagai Bahan Untuk Membuat Kolase Bagi Guru Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

Abstract Views : 14 / Downloads Count: 18

Authors

  • Nurul Kemala Dewi Universitas Mataram
  • Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Fazli Taib Bin Saearani Universiti Pendidikan Sultan Idris , Perak

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8600

Keywords:

Membuat Kolase, Limbah Plastik, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan limbah kemasan sebagai alternatif bahan untuk membuat karya seni rupa bagi guru-guru sekolah dasar sebagai upaya pelestarian lingkungan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, studi literatur,  dan dokumentasi. Data dianalisis secara interpretatif menggunakan teori Ki Hajar Dewantara ((Ing  ngarsa  sung  tulada  artinya di  muka  memberi contoh, Ing  madya  mangun  karsa artinya di tengah membangun cita-cita, serta Tut wuri handayani artinya dibelakang terus memberi dukungan) dan teori belajar Konstruktivistik.  Langkah-langkah kegiatan adalah 1. Penyaji memberikan arahan terkait dengan kolase. 2. Para guru mengkreasikan karya kolase dengan menggunakan bahan limbah kemasan. Melalui pengamatan dan penciptaan karya, guru-guru memperoleh pengetahuan mengenai kolase berbahan limbah kemasan serta dapat mewujudkan gagasannya. Penyaji memfasilitasi kegiatan proses penciptaan karya ini dengan memberikan motivasi agar para guru dapat menuangkan ide-ide kreatif secara maksimal.  3. Para guru mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas untuk mendapat tanggapan dari teman sejawat ataupun penyaji. Kegiatan ini menunjukkan bahwa para guru telah memiliki pengetahuan terkait dengan kolase berbahan limbah kemasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).

Fatihah, Siti Arafatul; Ine Nirmala; Feronica Eka Putri. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Bahan Biji-bijian, Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Prkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 19 (1), 51-61.

Firmansyah, Yura, et.al. (2021). Keberadaan Plastik di Lingkungan, Bahaya terhadap Kesehatan Manusia, dan Upaya Mitigasi: Studi Literatur, Serambi Enginering, 6(4), 2279-2285.

Krisyantia , Ilona VOSb; Anjang Priliantini, (2020), Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram GreenpeaceID), Jurnal Komunika Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 9(1) DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387

Masgumelar, Ndaru Kukuh; Pinton, Setya Mustafa. (2021. Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Ghaitsa: Islamic Educational Journal, 2(1), 49-57.

Meyrena, Sukma Dwi; Rizky Amelia. (2020). Analisis Pendayagunaan Limbah Plastik Menjadi Ecopaving Sebagai Upaya Pengurangan Sampah, Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 67-100

Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022 mengenai Standar Isi

Putri, Aprien Rahma; Benny Aulya Rahman; Mesi Yulia Sri Insani; Farida Mayar. (2021). Analisis Kreativitas Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Seni Melalui Kegiatan Kolase pada Masa Pandemi, Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 5(1), 102-112.

Saputro, Ade & Wijayanti, 2021. Tantangan Guru Abad 21 dalam Mengajarkan SBdP di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3).

Sungkowo, Soetopo, 2015. Pembelajaran Seni di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol. 2(1).

Wiryanto & Anggraini, 2022. Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15 (1)

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Dewi, N. K., Hartono, H., & Saearani, M. F. T. B. (2024). Penggunaan Limbah Kemasan Sebagai Bahan Untuk Membuat Kolase Bagi Guru Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8600

Issue

Section

Articles