Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 22 Ampenan

Abstract Views : 98 / Downloads Count: 72

Authors

  • Khofifah Indah Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8340

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Powerpoint, Model Pembelajaran Role Playing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 22 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Nonequievalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas V yang terdiri dari kelas VA berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorof smirnov, uji homogenitas menggunakan leneve, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis adalah sig 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada taraf signifikansi 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2-tailed < 0,05 maka Ha  diterima dan H0  ditolak. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN 22 Ampenan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

As’ adi, M., & Muttaqin, A. I. (2019). Pendampingan Kegiatan Keagamaan Di Masjid Al Falah Dusun Krajan Desa Siliragung Kecamatan Siliragung Banyuwangi. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–114.

Hardani, & dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu. doi:ISBN: 978-623-7066-33-0.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.639

Imas, K., & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Pfofesionalitas Guru.Kata Pena.

Khoirunnisa, S. W. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pardasuka Katibung Lampung Selatan tahun ajaran 2015/2016.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A., (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembagan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (3c), 1846-1852.

Rahmatih, Aisa Nikmah, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. EduMatSains. 5(1): 9-18.

Safitri, E. K. A. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Lokal Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. UIN Raden Intan Lampung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Indah, K., Dewi, N. K., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 22 Ampenan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 454–461. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8340

Issue

Section

Articles