Pengembangan Media Manipulatif Kebun Hitung Pada Materi Penjumlahan Susun Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Abstract Views : 56 / Downloads Count: 33

Authors

  • Rachelia Anggita Sari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8458

Keywords:

media manipulatif, media KEBUN HITUNG, Problem Solving

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran abad 21 mempunyai kedudukan penting dalam matematika dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk membekali kemampuan pemecahan masalah siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran manipulatif bernama KEBUN HITUNG yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Metode penelitian ini menggunakan langkah pengembangan oleh Sukmadinata dengan menggunakan tiga tahap 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian. Kemudian dipadukan dengan model pengembangan ADDIE yaitu anylisis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini membuat media manipulatif bernama KEBUN HITUNG yang berisi materi penjumlahan susun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 2 di SD Negeri 02 Ujungwatu. Hasil penelitian ini menghasilkan media KEBUN HITUNG yang memperoleh skor validasi ahli materi sebesar 97,4% dan skor sebesar  85% oleh ahli media dengan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Selain itu, media KEBUN HITUNG mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan skor rata-rata 88% yang berikan oleh ahli media dan materi dengan kriteria sangat valid. Kemudian dengan menggunakan uji independent sample t-test memperoleh keefektivan dengan hasil signifikaan sebesar 0,409 sehingga media KEBUN HITUNG dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542-548.

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padangsidimpuan.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Matematika, 1(5).

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. (2018). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253-1261.

R. Bilstein, S.Libeskind, J. L. (2014). A problem Solving Approach to Mathematics For Elementary School. Pearson Education.

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). PENETIAN R&D (Research and Development) (A. R. Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.

Sharon, E. D., SMALDINO, L., DEBORAH, L. R., & James, D. (2014). Instructional Technology and Media for Learning Pnie, Plus Myeducationkit Without Etxt. Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Sari, R. A., & Setiawan, Y. (2024). Pengembangan Media Manipulatif Kebun Hitung Pada Materi Penjumlahan Susun Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 537–544. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8458

Issue

Section

Articles