Pengembangan Media Lagu Mabar Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik

Abstract Views : 40 / Downloads Count: 26

Authors

  • Rasel Wulandari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8449

Keywords:

Media Pembelajaran, Lagu Anak, Problem Solving, MABAR

Abstract

Mengajar matematika tidak hanya dengan rumus tetapi juga bisa menggunakan lagu. Media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai media proses pembelajaran di sekolah, khususnya kelas 1 SD dalam materi mengenal bangun ruang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dari Sukmadinata tiga tahap, yaitu Studi Pendahuluan, Pengembangan Model, dan  Uji Model. Kemudian dipadukan dengan model pengembangan ADDIE (Anylisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media yang dikembangkan berupa lagu anak-anak berjudul "MABAR". Media ini digunakan dalam materi pengantar untuk mengajar kelas 1 di SD Negeri 2 Ujungwatu. Lagu MABAR dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan presentase 97% dan 93% dengan kriteria sangat valid dan lagu MABAR dalam aspek pemecahan masalah telah dinilai oleh ahli materi dan media dengan rata-rata 97,5% dengan kriteria sangat valid. Lagu MABAR juga dinyatakan praktis oleh guru dan siswa yang memiliki rata-rata presentase 100% dengan kriteria sangat valid. Dengan menggunakan uji independent sample t-test memperoleh keefektifan dengan hasil signifikan 0,031 sehingga lagu MABAR efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Bella, A. S., Respati, R., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Anak terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 632–641. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39232

Billstein,R; S,Libeskind; J, L. (2014). A Problem Solving Approach to Mathematics For Elementary School Teachers (11th ed.).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 24–32.

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo., Anung Haryono., H. (2018). MEDIA PENDIDIKAN (14th ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Septiani, B. D., Okmarisa, H., Kimia, J. P., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Scaffolding, P., & Reaksi, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA. 5(1), 12–23.

https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12548

Sukmadinata, P. D. N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sukmadinata, P. D. N. S. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (12th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Wulandari, R., & Setiawan, Y. (2024). Pengembangan Media Lagu Mabar Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 545–552. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8449

Issue

Section

Articles