Pengembangan Media Flashcard Prepositions of Place Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Abstract Views : 41 / Downloads Count: 26

Authors

  • Dewi Widya Pramesthi Satya Wacana Cristian University, Salatiga
  • Gamaliel Septian Airlanda Satya Wacana Cristian University, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8369

Keywords:

Kosakata bahasa Inggris, Media pembelajaran, Flashcard

Abstract

Pelajaran bahasa Inggris dianggap sebagai hal yang mengerikan dan menyulitkan oleh sebagian siswa. Siswa cenderung kurang memahami arti dari kosakata dalam bahasa Inggris dan kurang optimalnya penggunaan media dalam pembelajaran, menyababkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard yang akan dilaksanakan di SD Negeri Tegalrejo 4 Salatiga. Penelitian akan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development. Prosedur yang dalam penelitian yaitu Borg & Gall yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu analisi data kuatitatif dan deskriptif. Penelitian memperolah uji validasi materi sebesar 100%, sedangkan uji validasi ahli media memperoleh skor 91,6%, dan uji validasi ahli bahasa memperoleh skor 85%. Dari hasil uji validasi ahli, maka media termasuk dalam kategori “sangat tinggi”, sehingga media yang dikembangkan “sangat layak” untuk diimplementasikan. Hasil uji coba di sekolah memperoleh rata-rata nilai pretest 6,00 dan post-test memperoleh 11,20. Dari hasil uji coba dapat terlihat bahwa peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran flashcard.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashofa, W., & Djuhan, M. W. (2021). Peran Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Picture and Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii D Di Smp Negeri 1 Balong Ponorogo. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 49-60.

Balai Besar Penjamin Mutu Jawa Timur (2023). 3 Pendekatan Atasi Persoalan Pendidikan di Daerah melalui Merdeka Belajar, Retrived from https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/3-pendekatan-atasi-persoalan-pendidikan-di-daerah-melalui-program-merdeka-belajar

EF Proficiency(2023). Daftar peringkat terbesar berdasarkan kemampuan bahasa Inggris di negara dan wilayah terbesar dunia, Retrived from https://www.ef.co.id/epi

KBBI. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa KBBI VI Daring, Retrived from https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kurikulum Merdeka, (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka, Retrived from https://kurikulummerdeka.com/capaian-pembelajaran-bahasa-inggris-pada-kurikulum-merdeka/#google_vignette

Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1-6.

Pramukti, et. al. (2021). Pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman isi wacana pada siswa kelas v sd se-kecamatan banyumas tahun ajaran 2020/2021. 9, 1–8.

Setiyana, T. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), 118–128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438

Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Researchgate. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Pramesthi, D. W., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan Media Flashcard Prepositions of Place Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 599–606. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8369

Issue

Section

Articles