Pengembangan Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Abstract Views : 59 / Downloads Count: 72

Authors

  • Indah Rofiatun Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8333

Keywords:

pengembangan, flashcard, kemampuan membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flashcard untuk meningkatkan kemampaun membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar yang efektif dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I sekolah dasar yang berjumlah 21 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar efektivitas pembelajaran, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil yang diperoleh dari aspek kelayakan berdasarkan validasi media menunjukkan persentase 66,66%, validasi bahasa Indonesia 79.54% dan validasi materi menunjukkan 81,25%.). Perolehan hasil kepraktisan berdasarkan angket pendidik dan peserta didik, masing-masing menunjukkan persentase 90,625%  dan 92,5%. Hasil keefektifan berdasarkan perolehan hasil pretes dan posttest pada peserta didik menunjukan hasil yang homogen pada t-test nilai signifikan 0,557 dan hasil Uji T menunjukan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas maka produk flashcard dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aba, L. (2019). Flashcards as A Media in Teaching English Vocabulary. AL-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4(2), 170-179.

Airasian P.W., Mills G. dan Gay, L. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. USA: Pearson Education.

Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5712-5721.

Andreas, S. (2018). PISA 2018, Insight and Interpretations. Organization of Economic Co-operation and development (OECD). OECD.org.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti, Elsa, Yunus, Sitti Rahma, & Sudarto. 2016. Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat, 5 (2): 175-182.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th ed.). New York: Harper Collins.

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992-9006.

Herlina, H., & Dewi, R. R. (2017). Flashcard media: The media for developing students understanding for english vocabulary at elementary school. Ijer-Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116-128.

Ibrahim, Adi. Alang, A.H. dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Mawarni, E. Y. (2021). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa,(R&D) di Kelas I SDN Blukbuk I Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil

Mulyati, D., & Nugrahani, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Media Flash Card Variatif Untuk Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1).

Pranowo, G. (2021). Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 129-139.

Rahmasari, B. S. (2016). The Use Of Flashcards In Teaching Vocabulary At Fourth Grade Students Of SDN Sukosari 02 Dagangan Madiun. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(1), 1-10.

Razaq, Y. (2022). The Use of Flashcards to Improve Students’ Vocabulary Achievement. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(2), 145-151.

Richey, Rita C. Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62-68.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan) (M. . Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T. (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta, Cv.

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukma, N., & Gunansyah, G. PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME INTERAKTIF JELAJAH NUSANTARA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK KELAS V SD.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Rofiatun, I., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 503–510. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8333

Issue

Section

Articles