Implementasi Pembelajaran Menulis Kolaborasi Melalui Media Flipbook Biodata Pahlawan Pada Siswa Kelas IV

Abstract Views : 98 / Downloads Count: 58

Authors

  • Putri Indah Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7282

Keywords:

Media flipbook, Pembelajaran menulis, Kolaborasi menulis, Biodata pahlawan

Abstract

Dalam penelitian ini mencangkup pembelajaran menulis biodata pahlawan dengan metode kolaborasi menulis melalui media flipbook. Maka dari itu dengan ditemukan masalah peneliti melihat sejumlah kendala yang dialami oleh siswa kelas IV, yakni siswa kesulitan untuk menuangkan hasil dalam bentuk tulisan dan keterbatasan guru untuk menggunakan metode dan media yang menarik. Penelitian ini menganalisis penggunaan media flipbook biodata pahlawan di sekolah dasar dalam pembelajaran kolaborasi menulis teks biodata siswa bersama teman sekelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode kolaborasi menulis melalui media flipbook dapat meningkatkan keterampilan menulis biodata pahlawan siswa kelas IV. Selain itu, penelitian ini menggambarkan kemampuan siswa menulis teks biodata pahlawan dan mengukur efektivitas media flipbook dalam pembelajaran menulis teks biodata pahlawan. Sampel penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas IV SDN Cilengkrang. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental design tipe one-group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari tes menulis kolaborasi antar kelompok siswa sebanyak sepuluh kelompok, catatan lapangan arahan pembelajaran menulis secara kolaborasi yang telah ditentukan sesuai langkah-langkah menulis teks biodata. Pada perlakuan akhir dengan melakukan posttest untuk mengetahui pemahaman siswa setelah menggunakan media flipbook dan setelah melakukan kolaborasi menulis bersama kelompok. Hasil perbandingan pretest dan posttest menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran terhadap keterampilan menulis kolaborasi siswa dengan ditandai nilai Sig. (2-tailed) 4.40. Maka dapat disimpulkan, dengan pembelajaran menggunakan kolaborasi menulis biodata pahlawan dengan bantuan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa terkait menentukan judul yang tepat, siswa menyusun kalimat dengan benar, dan siswa memperhatikan tanda titik dan huruf kapital yang dilakukan secara bersama teman kelompoknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplıkası Games Edukatıf Wordwall Sebagaı Medıa Pembelajaran Untuk Memahamı Mater Pendıdıkan Agama Islam Bagı Sıswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, N. Ani. (n.d.). PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH DASAR. http://infoindonesia.wordpress.com,

Alwasilah, A. C. dan S. S. A. (2005). Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung:PT Kiblat Buku Utama. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/8565/slug/pokoknya-menulis-cara-baru-menulis-dengan-metode-kolaborasi.html

Arena Tiari, D., & Suryani, N. (n.d.). TEKNODIKA Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika

Badarudin (2016). (n.d.). Penıngkatan Keterampılan Menulıs Karangan Narası Melaluı Metode Tanya Jawab Dengan Menggunakan Medıa Gambar Serı Dı Kelas Iv Mı Ma’arıf Nu Lamuk Purbalıngga.

Bukhari, N., Jamal, J., Ismail, A., & Shamsuddin, J. (2021). Assessment Rubrıc For Research Report Wrıtıng: A Tool For Supervısıon. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 1–43. https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.1

Fatimatul Munsi, M., Pasir Gede Raya, J., Cianjur, K., Cianjur, K., & Barat, J. (n.d.). Prosıdıng Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Pembelajaran Teks Nonfıksı Menggunakan Medıa Flıp Book Pada Sıswa Sekolah Dasar.

Hafour, M. F., & Al-Rashidy, A. S. M. (2020). Storyboardingbased collaborative narratives on Google Docs: Fostering EFL learners′ writing fluency, syntactic complexity, and overall performance. JALT CALL Journal, 16(3), 123–146. https://doi.org/10.29140/jaltcall.v16n3.393

Iswara, P. D., Julia, J., Supriyadi, T., Rahman, A. A., Hartati, T., Rahman, Sopandi, W., & Damaianti, V. S. (2020). Initial reading lesson through “Dia tampan” association method and android photo editor media. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2090–2099. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080547

Iswara, P. Dwija. (2009). Strategi Membaca Permulaan dia tampan (d, n, t, p, m). (https://web.archive.org/web/20190907193548/http://iswara.staf.upi.edu/2009/04/28/membaca-strategi-dia-tampan/).

Iswara, P. Dwija. (2021). Membaca_Alam__Belajar_Membaca.

Iswara, Prana Dwija. (2022). belajar baca. Sumedang: Caraka.

Lailia, S. M. (2013). Penggunaan Medıa Flıp Book Untuk Menıngkatkan Keterampılan Menulıs Sıswa Kelas Iv A Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesıa Dı Mın Model Kamal Bangkalan Skrıpsı Oleh. http://etheses.uinmalang.ac.id/7273/1/09140011.pdf.

Lina. (2023). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1799–1806. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7536

Nur’ Ajmiy, F., & Khoirul Umam, N. (2023). Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654–1667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6984

López, M. B., Steendam, E. Van, Speelman, D., & Buyse, K. (2021). Comprehensive Corrective Feedback in Foreign Language Writing: The Response of Individual Error Categories. Journal of Writing Research, 13(1), 31–70. https://doi.org/10.17239/JOWR-2021.13.01.02

Muharipin. (2017). Penıngkatan Keterampılan Menulıs Karangan Narası Melaluı Medıa Gambar Serı Pada Sıswa Kelas Iıı Semester 2 Sdn 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2015/2016. 2 (2), 120-132.

Naibaho, E. Hebertina. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap kemampuan Siswa Menulis Biografi Pahlawan Di Kelas X SMA Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Noor, N. M. dkk. (2011). Development and Evaluation of the Interactive English Language Literacy System (i-ELLS) for online reading comprehension.

Nurmaisyah, A., & Hamdu, G. (2021). Pedadıdaktıka: Jurnal Ilmıah Pendıdıkan Guru Sekolah Dasar Analisis Kemampuan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menemukan Unsur Paragraf pada Teks Nonfiksi. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Phuong, D. T. V. (2022). Common Written Error Analysis Committed by EFL Graders at a Secondary School in Vietnam. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.01.01

Putri, G. S., Dwija Iswara, P., Aeni, A. N., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2016). Penerapan Metode Futurıstık Untuk Menıngkatkan Kemampuan Menulıs Paragraf Berdasarkan Gambar Serı (Vol. 1, Issue 1).

Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi melalui Media Gambar Seri di Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Sahuruddin. (2017). Upaya Menıngkatkan Keterampılan Menulıs Melaluı Medıa Gambar Serı Pada Sıswa Kelas Iıı Semester 2 Sdn 8 Montong. 88–106.

Sariani, Khairat, M. El, & Yaningsih. (2021). An optimization of language learning in writing through e-learning: Encountering covid-19 pandemic. International Journal of Language Education, 5(1), 528–541. https://doi.org/10.26858/IJOLE.V5I1.15375

Ubaldo, E. F. (2021). Synchronous web-based collaborative writing: Attitudes of learners toward working in pairs and small groups. Studies in English Language and Education, 8(3), 935–951. https://doi.org/10.24815/siele.v8i3.20079

Utami1, A. F., Djuanda2, D., Aeni3, A. N., Program, Studi, Upi, Kampus, Sumedang, Jl, Mayor, 211 Sumedang, A. N., & Berdasarkan, A. (2016). Penerapan Permaınan Bank Kata Dalam Upaya Menıngkatkan Keterampılan Menulıs Puısı Bebas (Vol. 1, Issue 1).

Walter, K., Dockrell, J., & Connelly, V. (2021). A sentence-combining intervention for struggling writers: response to intervention. Reading and Writing, 34(7), 1825–1850. https://doi.org/10.1007/s11145-021-10135-8

Widodo, P. (2021). View of Metode Kooperatif CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, , 7(3), 1034–1039.

Yuniar, M. S., & Zuchdi, D. (2018). Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Menulıs Teks Nonsastra Berbasıs Pendekatan Proses. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12150

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Sari, P. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Menulis Kolaborasi Melalui Media Flipbook Biodata Pahlawan Pada Siswa Kelas IV . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 293–303. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7282

Issue

Section

Articles