Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B

Abstract Views : 140 / Downloads Count: 161

Authors

  • Nadia Sastabila Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705

Keywords:

Audiobook, Membaca, Memirsa

Abstract

Minimnya penggunaan media pada pembelajaran tersebut dan dipengaruhi oleh kurangnya ketersediaan fasilitas sekolah menjadi kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dan menyediakan media yang efektif dalam proses penyampaian informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audiobook dan mengetahui efektivitasnya. Research and Development menjadi metode pada penelitian ini, dengan didasarkan model ADDIE sebagai tumpuan dalam pelaksanaan penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, guru, ahli media, dan ahli materi. Deskriptif kuantitatif menjadi teknik analisis data yang digunakan. Hasil validasi media menyatakan dalam kategori sangat layak dengan perolehan hasil 100% dan 94,44%. Hasil berdasarkan validasi oleh ahli materi masuk ke dalam kategori sangat layak, perolehan hasil 100%. Pada uji coba produk menyatakan media sangat baik, yang dilakukan melalui uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji penggunaan produk. Pada efektivitas penggunaan produk memperoleh hasil asymp. sig 0.000 yang artinya <0,05 sehingga ditarik kesimpulan bahwa perbedaan siginfikan didapatkan dari perolehan pretest dan posttest yang dilaksanakan. Sehingga produk media audiobook ini efektif untuk pembelajaran membaca dan memirsa yang digunakan pada tahap proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Elan, R., & Mahardika, I. K. (n.d.). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.

Anna, H. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA. 9(2).

Anwas, O. M. (2015). AUDIOBOOK: MEDIA PEMBELAJARAN MASYARAKAT MODERN. Jurnal Teknodik, 54–62. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.111

Apreasta, L., Darniyanti, Y., & Sapira, B. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ELEMEN MEMBACA DAN MEMIRSA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. 09.

Astuti, P. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Addie Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.290

Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628

Ching, L. S., & Tahar, M. M. (2021). Penggunaan Peralatan Multisensori Buku Audio Dalam Meningkatkan Minat Murid-murid Masalah Pembelajaran Terhadap Membaca. 3(1).

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31

Indriastuti, F. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p91--106

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Iswara, P. D. (2016). PENGEMBANGAN MATERI AJAR DAN EVALUASI PADA KETERAMPILAN MENDENGARKAN DAN MEMBACA. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646

Mayang, S., Purnanto, A. W., & Pradana, A. B. A. (n.d.). IDENTIFIKASI BERBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MEMIRSA DI SD MUHAMADIYAH PAYAMAN KABUPATEN MAGELANG.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 271164. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Pikapratiwi, P. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934

Purnianingrum, G. A. N. T., & Manuaba, I. B. S. (2022). Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165

Ramadhan, M. A., & Sugiyono, S. (2015). PENGEMBANGAN SUMBER DANA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 340. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6488

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231

Susilo, S. V. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Sastabila, N., Iswara, P. D., & Isrok’atun, I. (2024). Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 312–323. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705

Issue

Section

Articles