Pembelajaran PJOK Daring: Tingkat Motivasi dan Kecemasan Siswa SDIT Attakwin Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Dina Florencia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Firman Septiadi
  • Muhammad Saleh

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5880

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara pendidikan dilakukan di seluruh dunia, memaksa peralihan ke pembelajaran daring. Hal ini mempengaruhi motivasi dan tingkat kecemasan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi dan kecemasan siswa SD IT Attakwin pasca Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Data diperoleh dari 20 siswa kelas VI menggunakan kuesioner. Tingkat motivasi belajar dan kecemasan siswa dianalisis dengan metode analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SD IT Attakwin memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi, dengan 70% dari responden berada dalam kategori tinggi. Namun, sebagian besar siswa juga mengalami tingkat kecemasan yang sedang, dengan 80% siswa berada dalam kategori cemas sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa SD IT Attakwin pasca Covid-19 memiliki motivasi belajar yang tinggi secara umum, meskipun ada potensi untuk lebih mengembangkannya. Namun, sebagian besar siswa juga mengalami tingkat kecemasan yang sedang. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dalam mengelola kecemasan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meminimalkan dampak negatifnya terhadap motivasi belajar. Dalam konteks pembelajaran daring pasca Covid-19, peningkatan motivasi dan pengelolaan kecemasan siswa menjadi penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Keywords:

pendidikan jasmani, motivasi, kecemasan, covid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesanya, A. S. ., Ogunlusi, C. F. ., Olginni, B. O., Eniayewu, A. J. ., & Olowu, E. A. . (2023). The Emerging Roles of Human Resource Managers: The Post-Covid-19 Experience in Nigeria. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.468

Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155

Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81-90.

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23.

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).

Farida, N. (2022). Fungsi dan aplikasi motivasi dalam pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118-125.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2).

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.

Lase, S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta Edisi, 56, 1-829.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.

Nadila, A., Supriyono, S., & Ratnaningsih, A. (2023). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Koper Jurang. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.360

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nursalam (2018). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sahab, A. (2019). Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik Dengan Spss. Airlangga University Press.

Savitri, A. R. E., Rahman, A., & Hermawan, Y. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Motivasi Belajar dalam Pembelejaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XII SMA Batik 1 Surakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Cv Alfabeta.

Sudiarthi, T. . (2022). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.21

Suprajitno. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Farmasi: Metodologi Penelitian.

Downloads

Abstract Views : 39
Downloads Count: 17

Published

2023-12-31

How to Cite

Florencia, D., Septiadi, F., & Saleh, M. (2023). Pembelajaran PJOK Daring: Tingkat Motivasi dan Kecemasan Siswa SDIT Attakwin Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2149–2153. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5880