Pelatihan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini di RA Siti Khadijah Blok Babakan Waru Desa Karyamukti
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v2i1.11107Abstract
Perkembangan motorik kasar anak usia dini menjadi faktor penentu dalam perkembangan anak dimasa yang akan datang secara keselurahan, kegagalan perkembangan pada usia itu akan berdampak pada masa usia selanjutnya. Menyiasati hal itu, maka perlu adanya suatu latihan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Kegiatan melalui pelatihan permainan tradisional engklek dirasakan akan mampu menstimulus dan mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Kegiatan pengabdian yang dilakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada RA Siti Khadijah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metodenya studi kasus. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa pelatihan permainan tradisional engklek mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.
Keywords:
Permainan Tradisional Engklek, Motorik Kasar, Anak Usia DiniDownloads
References
Adpriyadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 187 – 198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–2
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2020). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NW Keruak Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Gunarti, Winda, dkk (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hermawati, E .(2022). Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Siswa. FKIP Unma: Jurnal Educatio https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/3201
Hurlock, E. B. (2019). Developmental Psychology. New York: Tata McGraw-Hill Education.
Indriyani, Dini dkk .(2021) Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 9, Nomor 3, Tahun 2021, pp. 349-354 P-ISSN: 2613-9669 E-ISSN: 2613-9650
Khadijah. (2017). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.
Lestari, S. D., & Puspitasari, I. (2021). Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 752 – 760. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1024.
Muslimah, Ika dkk.(2018). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Kecamatan Medan Denai Raudhah, Vol. 06 No.02, Juli-Desember 2018, ISSN: 2338-2163
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook(3rd ed.). Sage.
Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Wang, J. H.-T. (2009). A Study on Gross Motor Skills of Preschool Children. Journal of Research in Childhood Education, 19(2), 32–43. https://doi.org/10.1080/02568540409595052.
Westendorp, M., Hartman, E., Houwen, S., Smith, J., & Visscher, C. (2011). The relationship between gross motor skills and academic achievement in children with learning disabilities. Research in Developmental Disabilities, 32(6), 2773–2779. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2011.05.032.
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Physical Activity in Children’s Health and Cognition, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716.