EDUKASI DAMPAK BURUK SCREEN TIME PADA ANAK

Authors

  • Dody Indra Sumantiawan Manajemen Informasi Kesehatan, Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Silvia Nurvita Manajemen Informasi Kesehatan, Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Siti Noor Chotimah Manajemen Informasi Kesehatan, Universitas Nasional Karangturi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/parahita.v5i2.8772

Abstract

Screen time merupakan istilah yang mengarah pada waktu yang dihabiskan untuk menatap layar elektronik. Screen time pada anak menjadi perhatian serius bagi orang tua, dampak yang ditimbulkan menjadi perhatian serius karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan anak. Dampak negatif yang menjadi sorotan utama seringkali ditemui pada anak yang menggunakan layar gadget berlebihan. Orang tua perlu menyadari dampak negatif ini dan memperhatikan serta mengontrol pola anak didepan layar gadget. Tahapan edukasi dikenalkan sebagai materi edukasi untuk peserta dengan memperkenalkan fungsi gadget, mengelola dan mengontrol pewaktu layar, praktek dan refleksi menerapkan durasi waktu layar pada anak. Kontribusi pengabdian masyarakat memberikan hasil meningkatkan edukasi masyarakat terhadap bahaya screen time, pola mengendalikan layar gadget pada anak, dan memberikan kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat untuk mencegah bahaya Screen time pada anak.

Keywords:

Screen Time, Edukasi, Layar Gadget

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Pristianto, Z. B. Hanifah, F. A. Amithya, A. I. R. Haryanto, F. S. Basyasyah, and F. Naufal, “Edukasi Pengaruh Screen-Time Terhadap Postur pada Anak dan Orang Tua di MI Muhammadiyah Gonilan”, PSNPM, vol. 1, Dec. 2023.

Esme Anggeriyane, F. Fitri, A. Salsabila, R. Nur Azizah, and V. Vitria, “Peningkatan Wawasan Mengenai Pengaruh Kecanduan Gadget Bagi Kesehatan Melalui Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Tanya Jawab”, medani j. pengabdian masy., vol. 2, no. 3, pp. 83–90, Dec. 2023.

Madigan, S., Browne, D., Racine, N., Mori, C., & Tough, S. (2019). Association between Screen time and Children’s Performance on a Developmental Screening Test. JAMA Pediatrics, 173(3), 244–250. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics. 2018.5056

Tan, T. X., Jing, X., & Guan, W. (2023). Young Children’s screen habits: Identifying child and family contributors. Computers in Human Behavior Reports, 10(April), 100284. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.10 0284

WHO. (2020). Who guidelines on physical activity and sedentary behaviour.

World Health Organization (WHO). (2019). To grow up healthy, children need to sit less and play more. https://www.who.int/newsroom/detail/24-04-2019-to-grow-uphealthy-children-need-to-sit-less-andplay-more

Downloads

Abstract Views : 370
Downloads Count: 635

Published

2024-02-29

How to Cite

Sumantiawan, D. I., Nurvita, S., & Chotimah, S. N. (2024). EDUKASI DAMPAK BURUK SCREEN TIME PADA ANAK. JURNAL PARAHITA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 14–20. https://doi.org/10.31949/parahita.v5i2.8772