MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU SEKOLAH MODEL
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya kinerja guru diduga karena profesionalisme yang masih rendah dan kepemimpinan yang kurang kuat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : a) manajemen kepemimpinan kepala sekolah; b) kendala yang dihadapi kepala sekolah; c). strategi manajemen kepemimpinan kepala sekolah ke depan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data utama wawancara mendalam, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif interpretatif melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : a) Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru melalui strategi formal dan non-formal; b) Kendala yang dihadapi kepala sekolah; guru kurang menguasai penggunaan IT, minat mengembangkan diri yang rendah, dan kurang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran; c) Pengembangan ke depan disarankan untuk melaksanakan in house training, pendidikan dan pelatihan, workshop, dan mendorong guru agar aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kesimpulan, manajemen kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru yang berdampak pada peningkatan kinerja guru.
Keywords:
Manajemen, Kepemimpinan, Profesionalisme, Kinerja GuruDownloads
References
Asmendri (2012) Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Batusangkar: STAIN.
Daft, R. (2000) Manajemen Edisi kelima, Jakarta: Airlangga.
Handoko, T. Hani (2003) Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.
Kemendikbud (2016) KKBI_Online. Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Nomor
/D.D3/PG/2017
Muis dan Reynold (2008) Effective Teaching, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Muhammad, Ali (2004) Belajar adalah Suatu Perubahan Perilaku, Akibat Interaksi dengan Lingkungan,
www.Sarjanaku.com. Tersedia onlina_diakses Januari 2021.
Moleong, Lexi (2013) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Milles, matthew B dan A Michael Huberman (2013) Qualitative Data Analysis (terjemahan), Jakarta: UI Press.
Nasrudin (2010). Dasar-dasar Penulisan, Malang: UNM.
Nasution (2010). Metode Riset Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Permendikbud No. 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman (2011). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Robbins Stephen P (2006) Perilaku Organisasi, Management, New Jersey, Penerbit Prentice Hill. Inc.
Sahertian, Fiet. A (2017). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Supranto,J (2000) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, untuk Menaikan Pangsa Pasar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabetha
Stoner dkk (1996) Principless of Management, New Delhi, Phi Betta Kappa.
Silalahi, Ulber (2011). Metode Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Syafarudin (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Komparatif, Yogyakarta: BPFE.
Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram).
Undang-undang Dasar RI 1945
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Gueu dan Dosen
Webster Dictionary USA (2010). The English Language Institue of America, Vol. II USA American Corporation, 1977.
http://disdik.majalengka.go.id/dapodik http://samplingkuliah.blogspot.com/2018/
/administrasi-endidikan.html?m=1)
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asikin Asikin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.